5 Hal Yang Bikin MotoGP Inggris 2019 Layak Dinantikan

Ada beberapa alasan yang membuat seri MotoGP Inggris 2019 pada akhir pekan ini layak untuk dinantikan.

Kejuaraan dunia MotoGP 2019 telah menyelesaikan 11 dari 19 seri balap pada musim ini.

Untuk sementara, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menempati posisi puncak klasemen pembalap dengan raihan enam kemenangan.

Namun, kemenangan yang diraih pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada MotoGP Austria 2019 menjadi bukti bahwa persaingan merebut gelar juara dunia MotoGP 2019 masih sangat terbuka.

Sebab, kemenangan itu didapat Dovizioso setelah mengalahkan Marquez di tikungan terakhir lap final MotoGP Austria 2019 di Red Bull Ring, Spielberg.

Berbekal hasil tersebut, jarak poin di antara Dovizioso dan Marquez kini berkurang.

Menjelang dilaksanakannya seri ke-12 yaitu MotoGP Inggris 2019, banyak rider yang mengungkapkan antusiasme mereka untuk kembali membalap di Sirkuit Silverstone.

Tak hanya para pembalap, para fans juga menantikan balapan yang digelar di salah satu sirkuit tertua di dunia tersebut.

Berikut beberapa alasan yang membuat MotoGP Inggris 2019 layak untuk dinantikan, sebagaimana dirangkum Bolasport.com dari Crash.net.

1. Peluang tampilnya juara baru

MotoGP Inggris terkenal sebagai salah satu seri yang paling sering memunculkan juara baru pada setiap musimnya.

Bahkan, dalam lima musim terakhir ada lima pembalap berbeda yang berhasil keluar sebagai juara.

Secara berturut-turut Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat di Silverstone pada lima balapan terakhir MotoGP Inggris.

Dengan demikian, tidak ada rider yang mendominasi Sirkuit Silverstone, sehingga peluang untuk munculnya juara baru tetap terbuka lebar.

2. Kembalinya Jorge Lorenzo ke lintasan

Jorge Lorenzo telah absen selama kurang lebih dua bulan sejak mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas MotoGP Beland 2019 akhir Juni lalu.

Juara dunia MotoGP tiga kali itu akan kembali membalap di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini setelah selesai menjalani proses pemulihan cedera.

Kembalinya Lorenzo tentu sungguh dinantikan, mengingat dirinya adalah satu-satunya rider yang mampu membukukan dua kemenangan berturut-turut di Sirkuit Silverstone.

Catatan langka tersebut ditorehkan Lorenzo pada musim 2012 dan 2013.

Hingga kini, Lorenzo juga masih memegang rekor kemenangan terbanyak di Sirkuit Silverstone dengan raihan 3 kemenangan.

3. Aspal baru Sirkuit Silverstone

Menyusul dibatalkannya MotoGP Inggris 2018, perubahan besar-besaran dilakukan di Sirkuit Silverstone.

Pengaspalan ulang diterapkan di sirkuit ini untuk mencegah terjadinya genangan air saat diguyur hujan, seperti yang terjadi pada edisi terakhir.

Para driver Formula 1 (F1) telah menjajal aspal baru Sirkuit Silverstone pada GP Inggris 2019 pertengahan Juli lalu dan secara umum mereka menyatakan puas.

Kini, giliran para rider MotoGP yang menjajal aspal baru saat menjalani rangkaian MotoGP Inggris 2019 akhir pekan nanti.

4. Kebangkitan Yamaha

Tak dapat dimungkiri Yamaha adalah brand motor yang paling sukses di Sirkuit Silverstone.

Sejak MotoGP Inggris mulai menggelar balapan di Sirkuit Silverstone pada musim 2010, Yamaha sudah menjuarai empat seria.

Dengan catatan mentereng tersebut, kiranya tidak akan ada yang terkejut jika tim berlambang garpu tala ini kembali memenangi MotoGP Inggris.

5. Catatan buruk Marc Marquez di Silverstone

Dominasi Marquez dan Honda yang sangat kentara dalam beberapa musim terakhir cukup memunculkan kebosanan di antara para fans MotoGP.

Oleh karena itu, kekalahan Marquez akan memunculkan kembali antusiasme di antara para penggemar, pengamat, maupun pembalap lain.

Kekalahan tersebut bisa saja kembali dialami Marquez di Sirkuit Silverstone yang notabene bukan sirkuit favoritnya.

Dari lima seri yang telah dia lakoni, Marquez hanya mampu memetik satu kemenangan dan naik podium satu kali.

Atas catatan buruk tersebut, rider lain punya peluang yang sangat besar untuk dapat mencuri kemenangan di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini. [bolasport]