Quartararo Kejar Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino 2019

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, bertekad mengejar kemenangan pertamanya pada ajang MotoGP saat tampil di San Marino akhir pekan mendatang.

Sejauh ini, penampilan Fabio Quartararo pada musim debutnya terbilang cukup apik.

Hingga seri ke-12, pembalap berkebangsaan Prancis itu sudah meraih tiga podium dan tiga pole position.

Quartararo juga untuk sementara unggul jauh atas para pembalap musim pertama alias rookie lain dengan raihan 92 poin.

Andai dapat mempertahankan performanya, bukan tidak mungkin pembalap berjuluk El Diablo ini akan segera menorehkan kemenangan pertamanya pada kompetisi MotoGP 2019.

MotoGP San Marino 2019 yang akan dihelat pada 13-15 September mendatang bisa menjadi kesempatan emas bagi Quartararo untuk mencatatkan sejarah tersebut.

Apalagi, dalam sesi tes resmi MotoGP yang digelar di Sirkuit Misano, San Marino, tengah pekan lalu, dia berhasil mencatatkan waktu putaran terbaik.

Harapan untuk memenangi balapan MotoGP 2019 pun diamini Bos Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali.

“Di sirkuit yang cepat seperti Brno (MotoGP Republik Ceska), Spielberg (MotoGP Austria), atau Silverstone (MotoGP Inggris), Yamaha tidak punya peluang,” ujar Razali, dalam pernyataan yang dikutip Bolasport.com dari Tuttomotoriweb.com.

“Podium yang diraih Fabio (Quartararo) di Austria adalah yang terbaik yang mampu kami raih. Namun, kami mungkin memiliki kesempatan di trek yang lebih lambat dan banyak tikungan seperti di Sirkuit Misano,” kata Razali optimistis.

Sejak era 4 Stroke dimulai pada musim 2002, memang belum ada yang bisa dibanggakan dari para pembalap tim satelit Yamaha.

Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan tim satelit Honda yang sempat mencetak beberapa talenta bagus, di antaranya Sete Gibernau dan Marco Melandri.

Bahkan, pada musim 2016, empat kemenangan berhasil dipersembahkan dua pembalap tim satelit Honda.

Jack Miller (Marc VDS-Honda) dan Cal Crutchlow (LCR-Honda) bergantian meraih kemenangan pada MotoGP 2016.

Kini, Petronas Yamaha SRT dapat tersenyum melihat performa Fabio Quartararo yang cukup menggembirakan sepanjang musim ini, meski belum memenangi balapan.

“Kami tentu tidak mengharapkan hasil yang fantastis seusai melakoni 12 seri pada musim perdana kami di kelas MotoGP,” tutur Razali.

“Harapan kami, Franky (Morbidelli) bisa bertarung di posisi enam besar, dan Fabio bisa menjadi rookie terbaik musim ini,” ujar dia lagi.

Setelah tengah pekan lalu mengikuti sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Misano, para rider akan kembali ke tempat yang sama untuk menjalani seri MotoGP San Marino 2019.

Menurut jadwal, MotoGP San Marino musim ini akan dimulai dengan menggelar dua sesi latihan bebas alias free practice pada hari Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, sesi balapan dijadwalkan berlangsung pada Minggu (15/9/2019). [bolasport]