Balap  

Alex Rins Siap Beri Kemenangan Pertama Untuk Suzuki di Misano

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, mengaku sangat termotivasi untuk memenangi MotoGP San Marino 2019 pada akhir pekan ini.

Setelah absen selama dua minggu, kompetisi MotoGP 2019 akan dimulai kembali dengan menggelar seri ke-13 di Sirkuit Misano, San Marino, 13-15 September nanti.

Salah satu pembalap yang menjadi sorotan adalah Alex Rins.

Hal ini tidak lepas dari kemenangan dramatis yang didapat Rins pada balapan MotoGP Inggris 2019, akhir bulan lalu.

Alhasil, pembalap asal Spanyol ini pun berhasil menggeser posisi Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) di klasemen sementara pembalap MotoGP 2019 dengan menempati peringkat ketiga.

Rins pun mengaku termotivasi dengan suntikan semangat yang berlipat-lipat tersebut dan siap untuk unjuk gigi di Sirkuit Misano.

“Saya berada dalam kondisi sangat baik untuk datang ke San Marino setelah melakoni balapan yang hebat di Silverstone,” ujar Rins, dilansir BolaSport.com dari Crash.

“Sesudah itu, kami juga telah kembali bekerja dalam dua hari tes di Sirkuit Misano. Saya rasa kami mengalami sedikit perbaikan dengan motor kami,” tutur dia.

“Saya sangat termotivasi untuk ‘menyerang’ pada akhir pekan ini, terlebih setelah mendapat sedikit waktu untuk rehat dan berlatih,” kata Rins lagi.

Optimisme Alex Rins didukung oleh pernyataan sang kepala kru, Manuel Cazeaux.

Cazeaux mengutarakan bahwa karakteristik Sirkuit Misano sangat cocok untuk motor Suzuki.

“Misano adalah trek yang komplit, ada belokan yang cepat dan lambat, juga ada area yang menuntut kecepatan maupun pengereman,” ujar Cazeaux.

“Namun ,itu berarti pengaturannya harus benar-benar seimbang. Anda juga harus menggunakan ban yang tepat dan beradaptasi dengan apapun kondisi trek,” tutur dia.

“Motor kami akan sangat kuat di bagian-bagian yang menuntut kecepatan. Sektor favorit saya di Misano adalah Sektor 3, Anda hanya perlu menggeber motor Anda sekencang mungkin,” kata Cazeaux menjelaskan.

Sirkuit Misano memang bukan tempat yang angker bagi Alex Rins.

Kala masih membalap di kelas Moto3, Rins pernah dua kali berturut-turut memenangi balapan di Misano yaitu pada musim 2013 dan 2014.

Kala itu, kemenangan Rins tidak diraihnya dengan motor Suzuki, melainkan dengan motor KTM (2013) dan Honda (2014).

Sejarah mencatat, belum ada rider Suzuki di era MotoGP yang mampu meraih kemenangan di sirkuit yang bernama resmi Misano World Circuit Marco Simoncelli tersebut.

Satu-satunya kemenangan Suzuki di Misano terjadi pada musim 1981, melalui pembalap Italia, Marco Luchinelli, menjadi kampiun di kelas 500cc. [bolasport]