News  

Wahidin Halim Jemput Belasan Warga Banten di Wamena

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berjanji siap menjemput belasan warga Banten di Papua yang mengungsi akibat kerusugan yang terjadi di Wamena, Jayawijaya, Papua.

“Saya sudah perintahkan Kesbangpol dan BPBD untuk menjemput ke Papua. Kita akan biayain untuk jemput ke sana,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLBanten, Selasa, (1/10).

Ia menjelaskan, selaku pimpinan daerah akan membela masyarakat Banten yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, ia langsung memerintahkan Kesbangpol dan BPBD Banten untuk segera berangkat ke Papua mengecek warga Banten yang ada di Papua dan menjemputnya jika memang ingin pulang.

“Saya akan bela rakyat saya,” kata dia.

WH mengaku sudah mendapatkan laporan terkait belasan warga Banten yang ada di Papua dan menginginkan pulang ke Banten.

“Jumlahnya berapa tadi. Ada 16 kalau enggak salah,” imbuhnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut WH langsung merintahkan Pelaksana Tugas (Plt) Kalakhar BPBD Banten, E Kusmayadi segera berkordinasi dengan Kepala Kesbangpol Banten untuk secepatnya melakukan langkah-langkah.

“Kalau bisa besok harus sudah berangkat,” tegasnya.

Sementara Plt Kalakhar BPPD Banten Kusmayadi mengatakan, pihaknya akan segera berkordinasi untuk mengecek langsung ke Papua keberadaan warga Banten di sana, apakah kondisi di Papua dimungkinkan cukup aman atau memang warga Banten yang ada di Papua harus dipulangkan.

“Kita akan segera kordinasi dan dikonsuktasikan ke sana, apakah cukup aman. Atau memang mereka harus pulang, ya akan kita pulangkan,” tandas Kusmayadi.