Mabkhout Cetak Hatrrick, Garuda Dibantai 5 Gol Tanpa Balas Oleh UEA

Timnas Indonesia

Timnas Uni Emirat Arab menang telak 5-0 atas Indonesia dalam lanjutan partai Grup G zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/2019). Timnas Indonesia harus menelan pahit ketika bertandang ke markas Uni Emirat Arab dalam lanjutan Grup G zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai.

Alih-alih pulang membawa poin, Indonesia harus takluk 0-5 di tangan tim tuan rumah. Ali Mabkhout menjadi bintang dalam pertandingan ini dengan mencetak hattrick (50′, 63′, dan 72′). Sementara gol UEA lainnya disumbangkan oleh Khalil Ibrahim pada menit ke-40 dan Tariq Hassan menit ke-90+3.

Sejatinya, Indonesia telah menampilkan permainan yang rapi dan disiplin dalam bertahan, terutama di babak pertama. Namun, beberapa akselerasi yang dilancarkan lini serang UEA terutama dari sisi kiri cukup merepotkan Hansamu Yama dkk.

Timnas UEA juga banyak melakukan umpan lambung dari tengah lapangan ke arah jantung pertahanan Indonesia guna memanfaatkan postur tubuh yang lebih tinggi.

Beberapa kali menyerang, UEA baru berhasil mencuri gol di menit ke-40.
Kiper Wawan Hendrawan salah mengantisipasi bola lambung Ali Saleh yang mengarah ke tiang jauh sehingga bola terlepas dari tangannya.

Khalil Ibrahim yang tak terkawal dengan mudah mencetak gol memanfaatkan bola liar. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba melakukan pressing. Namun, dengan cukup mudah UEA kembali mendominasi jalannya pertandingan. UEA mendapatkan tendangan bebas dekat kotak penalti setelah Gavin Kwan menjatuhkan Ali Saleh pada menit ke-48.

Akan tetapi, Hansamu masih bisa menghalau tendangan Ali Saleh. Koordinasi yang buruk di lini pertahanan Indonesia membuat UEA bisa menambah keunggulan pada menit ke-50.

Ali Mabkhout bekerja sama dengan Khalil Ibrahim berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahan Zulfiandi, yang memberi umpan terlalu pendek.

Menit ke-58, Walid Abbas melanggar Gavin Kwan dengan cukup keras. Indonesia mendapat kesempatan melalui tendangan bebas. Sayang, Yanto Basna tidak bisa menyambut umpan dari Saddil Ramdani.

UEA berpeluang menambah gol andai tendangan Ali Mabkhout tidak membentur tiang gawang yang dikawal Wawan Hendrawan pada menit ke-60. Gempuran timnas UEA membawa petaka bagi Indonesia.

UEA mendapat hadiah penalti setelah bola muntah yang dimanfaatkan Ali Saleh membentur tangan Hansamu Yama. Ali Mabkhout berhasil mengeksekusi penalti dengan baik dan mengubah skor menjadi 3-0 untuk Uni Emirat Arab.

Skuad Garuda mendapat kesempatan lain pada menit ke-65 ketika Mohamad Omar melakukan pelanggaran keras terhadap Hanif Sjahbandi. Sayang, tendangan Stefano Lilipaly berhasil ditepis oleh kiper Khalid Eisa.

Memasuki paruh babak kedua, timnas UEA semakin percaya diri dalam bermain dan membangun serangan. Indonesia tampak kesulitan keluar dari bayang-bayang Uni Emirat Arab. Alih-alih memperkuat pertahanan, Wawan Hendrawan kembali harus memungut bola dari gawangnya.

Ali Mabkhout berhasil mencetak hattrick setelah menerima umpan terobosan dari Ali Saleh pada menit ke-72. Ahmed Khalil berpeluang menambah gol bagi UEA pada menit ke-79 jika tendangannya tidak melambung ke sisi gawang timnas Indonesia.

Menit ke-84, Omar Abdulrahman melancarkan umpan terobosan kepada Mohamad Saleh Al Menhali. Namun, tendangannya masih bisa ditangkap oleh Wawan Hendrawan.

Indonesia harus menerima kenyataan pahit ketika UEA untuk kelima kalinya membobol gawang skuad Garuda pada injury time. Tariq Ahmed berhasil menyambar bola rebound hasil sepakan Khalil Ahmed. Skor 5-0 menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain:

Uni Emirat Arab (5-4-1): 

17-Khalid Eisa Bilal; 2-Mohammed Al Menhali, 3-Walid Abbas, 4-Mohamad Omar Alattas, 12-Khalifa Mubarak Alhammadi, 13-Ahmed Barman Alhmoudi; 5-Ali Hassan Alblosshi (21-Tariq Ahmed 77′), 14-Khalil Ibrahim Alhammadi (10-Omar Abdulrahman 59′), 19-Jassim Yaqoob Albalooshi (11-Ahmed Khalil), 20-Ali Saleh Amro; 7-Ali Ahmed Mabkhout

Pelatih: Bert van Marwijk

Indonesia (4-2-3-1): 

1-Wawan Hendrawan; 11-Gavin Kwan Adsit, 23-Hansamu Yama, 5-Yanto Basna, 15-Ricky Fajrin; 4-Zulfiandi, 8-Dendi Santoso, 16-Hanif Abdurrauf Sjahbandi, 17-Irfan Bachdim, 21-Andik Vermansah (18-Saddil Ramdani 55′); 9-Beto Goncalves (10-Stefano Lilipaly 63′)

Pelatih: Simon McMenemy

{bolasport.com}