News  

4 Juta Warga Jateng Masih BAB Sembarangan

Perilaku hidup bersih masih diabaikan sejumlah warga di Jawa Tengah. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya penduduk yang tidak buang air besar (BAB) di jamban, dimana jumlahnya mencapai empat juta jiwa.

Hal itu diutarakan Kepala Seksi P2PTM Dinas Kesehatan Jateng, Arfian Nevi. Sebagaimana ia terangkan bahwa mereka yang tidak buang air besar tidak pada tempatnya, diketahui tak memiliki jamban. Sehingga memilih melakukannya di kebun, sungai, atau empang.

“Di Jateng masih ada sekitar empat juta orang yang buang air besar sembarangan. Paling banyak di Wonosobo dan Banjarnegara,” katanya, Jumat (12/10).

Arfian menambahkan, mereka yang buang air besar sembarangan itu kebanyakan tinggal di daerah pegunungan. Dan bukan merupakan kawasan kekurangan air bersih.

“Jadi, orang sana menyebutnya helikopter atau WC di atas empang. Mereka menganggap buang air besar sembarangan di atas empang hal yang biasa,” sambungnya.

Fenomena ini, menurutnya menunjukkan masih banyak orang yang mengesampingkan perilaku hidup bersih. Mereka meremehkan soal kesehatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Lantaran, kotoran dibuang sembarangan berpotensi menimbulkan penyakit menular.

“Akar permasalahannya bukan ketidakmampuan finansial. Tapi lebih kepada arah perilaku. Bukan berarti kedua daerah itu banyak warga miskinnya,” terangnya lagi.

Dengan diketahuinya akar permasalahan tersebut, menjadi jelas bahwa yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana membuka mata mereka. Meningkatkan kesadaran masing-masing untuk tidak terus menerus membuka peluang terserang penyakit dengan mengotori lingkungan.

Arfian menyebut, sejumlah langkah sosialisasi sudah dan bakal terus dilakukan. Salah satu upayanya, adalah menggandeng tokoh masyarakat dan agama agar memberikan pengetahuan mengenai pentingnya perilaku hidup sehat.

“Kami bergerak bersama menyadarkan masyarakat supaya tak lagi buang air besar sembarangan. Salah satu program yang diterapkan melalui sanitasi total berbasis masyarakat,” tandasnya. [Jawapos]