Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Daftar Stadion Yang Bakal Dipakai

Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi. Menjadi Salah Satu Venue Pertandingan Untuk Piala Dunia U-20

Indonesia akhirnys resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, berikut sepuluh stadion yang akan digunakan. Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 disampaikan langsung oleh FIFA setelah melakukan pertemuan di Shanghai, China pada Kamis (24/10/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia memilika agenda untuk mempresentasikan kesiapan untuk menjadi tuan rumah event sepak bola usia muda terbesar di dunia itu.

Indonesia berhasil meengalahkan dua kandidat lainnya, yakti Brasil dan Peru yang juga maju dalam bidding menjadi tuan rumah. Pascaresmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, giliran venue yang harus diperhatikan untuk menyambut gelaran turnamen tersebut.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah stadion untuk dapat menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Selain tentunya harus sudah bertaraf Internasional, stadion tersebut juga harus memenuhi standard yang ditetapkan oleh FIFA.

Berikut daftar 10 Stadion yang diajukan PSSI sebagai venue Piala Dunia U-20 2021:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion kebanggaan rakyat Indonesia ini tentu menjadi yang pertama terpikirkan PSSI untuk diajukan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

Pertimbangan PSSI jelas karena stadion ini merupakan salah satu stadion yang kerap digunakan Indonesia untuk menyelenggarakan beberapa laga Internasional.

Stadion berkapasitas kurang lebih 77 ribu penonton ini terakhir menjadi venue Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat Indonesia dikalahkan Thailand 0-3.

Selain menjadi venue perhelatan sepak bola, tak jarang stadion ini juga menjadi venue bagi event-event internasional lainnya seperti konser penyanyi mancanegara.

2. Stadion Pakansari (Bogor)

Kandang PS Tira-Persikabo yang berada di Kabupaten Bogor ini menjadi salah satu stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

Stadion berkapasitas 30 ribu penonton ini pernah digunakan Indonesia sebagai venue beberapa event internasional. Antara lain, Piala Asia 2018, Asian Games 2018, dan Piala AFF 2016.

Selain itu, stadion yang menggunakan rumput bermuda sebagai lapangannya ini juga pernah menyelenggarakan pertandingan persahabatan antara Indonesia melawan Myanmar pada 2017.

3. Stadion Patriot Chandrabhaga (Bekasi)

Stadion kedua bagi tim ibukota, Persija Jakarta ini, punya segudang pengalaman dalam urusan menyelenggarakan laga Internasional. Stadion yang punya kapasitas 30.000 penonton ini setidaknya tercatat pernah menggelar tiga laga persahabatan internasional.

Yaitu, Indonesia menghadapi Fiji, Kamboja dan Guyana pada 2017. Selain itu, Stadion milik Pemkot Bekasi ini juga pernah dijadikan venue untuk Asian Games 2018 dan Piala Asia U-19 2018.

4. Stadion Wibawa Mukti (Bekasi)

Selain Stadion Patriot, Bekasi juga memiliki calon venue Piala Dunia U-20 2021 lainnya yakni, Stadion Wibawa Mukti. Stadion berkapasitas 30.000 penonton ini juga menjadi salah satu venue untuk menyelenggarakan cabor Sepak Bola Pria di Asian Games 2018.

Selain itu, markas Persikasi Bekasi ini juga pernah setidaknya menjalankan empat laga persahabatan internasional. Antara lain, Indonesia U-23 menghadapi Suriah 23, Indonesia melawan Mauritania, Myanmar, dan Hongkong.

5. Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Stadion markas tim raksasa Jawa Barat, Persib Bandung ini tak adil rasanya jika tidak dipertimbangkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. Meski menjadi salah satu stadion yang dikenal di Indonesia, Si Jalak Harupat sebetulnya jarang digunakan sebagai venue event Internasional.

Stadion berkapasitas 27 ribu penonton ini sempat dianggap tak layak digunakan untuk event internasional. Akan tetapi pada 2010, akhirnya Si Jalak Harupat dinilai telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

6. Stadion Manahan (Solo)

Stadion baru saja selesai direnovasi masuk sebagai salah satu calon venue Piala Dunia U-20 2021. Markas klub Liga 2 2019, Persis Solo ini, telah beberapa kali digunakan sebagai venue event internasional, bahkan sebelum di renovasi.

Di antaranya, digunakan sebagai kandang timnas Indonesia untuk menghadapi Palestina (2011), Filipina (2013), dan Malaysia (2016) dalam laga persahabatan.

Selain itu, stadionyang mempunyai kapasitas bangku tunggal 20.000 buah ini juga pernah didapuk sebagai venue ASEAN Para Games 2011, Piala AFF U-16 2010, dan masih banyak lagi.

7. Stadion Mandala Krida (Yogyakarta)

Salah satu stadion kebanggaan masyarakat kota Yogyakarta ini memiliki kapasitas 20 hingga 25 ribu penonton. Markas PSIM Yogyakarta ini merupakan stadion yang jika dilihat secara histori jarang digunakan sebagai venue event internasional.

Akan tetapi, PSSI punya pemiikiran lain yang akhirnya memasukkan stadion Kota Yogyakarta ini sebagai salah satu venue yang diajukan untuk menggelar laga Piala Dunia U-20 2021.

Stadion ini sempat direnovasi pada tahun 2013 untuk menutup tribune barat dan timur yang sebelumnya belum beratap.

8. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion markas tim besar Jawa Timur, Persebaya Surabaya, ini memang sepertinya sudah mempersiapkan diri untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Bahkan sebelum pengumuman resmi, stadion kebanggaan masyarakan Surabaya ini sudah mulai dibenahi di beberapa fasilitasnya. Setelah resmi, rencananya Stadion GBT akan kembali direnovasi untuk meningkatkan kualitas.

Stadion berkapasitas 50.000 penonton ini terakhir digunakan oleh timnas Indonesia U-19 menghadapi China pada 17 Oktober lalu.

9. Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar)

Stadion markas sang pemuncak klasemen sementara Liga 1 2019 ini resmi diajukan setelah dinilai layak oleh PSSI. Stadion berkapasitas 25 ribu penonton ini menjadi salah satu stadion yang paling modern di Indonesia.

Semua itu berkat manajemen Bali United yang berpikir layaknya klub-klub maju di Eropa. Stadion milik Pemkab Gianyar ini sempat mendapat renovasi pada tahun 2018 untuk menyambut sejumlah event internasional dan mendapat sertifikat kelayakan dari AFC.

10. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang)

Stadion kandang klub Liga 2 2019, Sriwijaya FC ini jadi satu-satunya venue yang diajukan PSSI di Pulau Sumatra. Pasalnya, stadion ini juga menjadi satu-satunya yang sudah bertaraf internasional di Pulau Andalas.

Berada di kompleks olahraga Jakabaring, stadion ini sanggup menampung 23 ribu penonton. Beberapa event Internasional juga sempat diselenggarakan di stadion ini antara lain, Asian Games 2018, Piala AFF Wanita 2018, dan masih banyak lagi. {kompas.com}