Raih Kemenangan ke100 di F1 GP Meksiko 2019, Hamilton Belum Kunci Gelar Juara Dunia

Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, finis pertama pada balapan Formula 1 GP Meksiko yang berlangsung pada Minggu (27/10/2019) atau Senin dini hari WIB di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City.

Lewis Hamilton unggul atas Sebastian Vettel (Ferrari) dan Valtteri Bottas yang finis di posisi kedua dan ketiga. “Balapan yang sangat ketat,” kata Sebastian Vettel seusai lomba seperti dilansis dari situs web resmi F1.

“Fokus saya untuk mengejar Hamilton sempat terganggu karena Bottas terus mengekor,” ucap Vettel.

Bagi Hamilton, keberhasilan finis pertama di Autodromo Hermanos Rodriguez adalah kemenangan keduanya pada GP Meksiko setelah 2016. Pembalap asal Inggris itu menyamai catatan Alain Prost, Nigel Mansell, dan Max Verstappen yang dua kali menjadi kampiun pada GP Meksiko.

Keberhasilan Hamilton meraih juara itu adalah kemenangan ke-100 Mercedes dalam ajang F1. “Kami mendapatkan hasil yang luar biasa dari balapan hari ini,” kata Hamilton.

“Sebelum lomba, kami berpikir sebagai underdog, tetapi bisa menyelesaikannya dengan baik,” tutur pebalap yang start dari posisi ke-3 ini.

Meski meraih kemenangan, Lewis Hamilton belum memastikan gelar juara dunia F1 tahun ini. Tambahan 25 poin memang memantapkan posisinya di puncak klasemen F1 dengan raihan 363 poin.

Namun, raihan poin Hamilton itu masih bisa dikejar oleh rekan satu timnya, Valtteri Bottas. Saat ini, pembalap asal Finlandia itu berada peringkat kedua klasemen pembalap dengan 289 poin.

Masih ada tiga seri balapan lagi di Amerika Serikat, Brasil, dan Uni Emirat Arab. Jika mau menyapu bersih tiga seri tersisa dengan finis pertama, Bottas akan finis dengan raihan 364 poin.

Skenario itu akan terjadi apabila Hamilton sama sekali gagal finis pada tiga seri balapan tersisa dan hal itu sama sekali sulit terjadi. Berikut klasemen pembalap F1 setelah GP Meksiko:

Lewis Hamilton – 363

Valtteri Bottas – 289

Charles Leclerc – 236

Sebastian Vettel – 230

Max Verstappen – 220

Klasemen konstruktor setelah GP Meksiko.

Mercedes – 652

Ferrari – 466

Red Bull Honda – 341

McLaren – 111

Renault – 73

{bolasport}