News  

Megahnya Situs Warungboto di Jogja Curi Atensi Wisatawan Milenial

Situs Warungboto, Jogjakarta

Siang itu, teriknya sinar matahari seakan tak mampu menghalangi semangat kami untuk menjelajah berbagai destinasi wisata menarik di Yogyakarta.

Sayang rasanya jika Sabtu (9/11/19) ini berlalu begitu saja bagi kami, tanpa melakukan perjalanan ke sebuah situs bersejarah yang kabarnya kini ramai dikunjungi genearasi milenial.

Tak butuh waktu lama, karena letaknya tidak terlalu jatuh dari jantung Kota Yogyakarta kami tiba di Situs Warungboto. Berlokasi di Jalan Veteran nomor 77 , Umbulharjo, rupanya situs ini sejatinya dahulu merupakan sebuah pesanggrahan.

Menurut informasi yang tertera di papan informasi, Situs Warungboto ini merupakan petilasan dan dahulu dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Kemudian, pembangunan Situs Warungboto ini berlanjut ketika pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Sebelum mengalami renovasi, wisata bersejarah ini dulunya hanya puing bangunan dan reruntuhan yang kurang mendapatkan perhatian.

Dahulu, ternyata Situs Warungboto ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaaan yang dibangun oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di dalam situs warungboto ini terdapat segaran, taman, kolam dan kebun yang dahulu sengaja dibuat untuk menciptakan kenyamanan serta ketenangan bagi keliarga kerajaan.

Ruang lorong, pintu dan jendela di Situs Warungboto ini begitu artistik. Tak heran banyak wisatawan khususnya generasi milenial berbondong-bondong datang ke Situs Warungboto untuk berfoto.

Jika Anda berkunjung ke Situs Warungboto, alangkah baiknya untuk menjaga sopan santun dan kebersihan. Untuk menikmati indah dan megahnya Situs Warungboto ini Anda belum akan dikenai biaya masuk.

Namun, bagi Anda yang membawa mobil akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 10 ribu dan motor Rp 3.000. Situs Warungboto ini setiap harinya dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk menjadikan Situs Warungboto ini sebagai salah satu bucket list liburan Anda selanjutnya? {suara}