News  

Viral! Kepala Ikan Mas Berwajah Mirip Manusia

Video ikan yang bagian kepalanya mirip wajah manusia viral di media sosial dan internet. Banyak portal media internasional ikut memberitakan penemuan aneh ini.

Dilansi dari Mirror, Selasa (12/11/2019), belakangan diketahui video ikan mas berwajah seperti manusia ini direkam di dekat kota Kunming, China selatan.

Pengunjung datang ke sebuah danau di desa di luar kota Kunming. Ia menemukan ikan mas yang dianggap menyeramkan.

Bagian kepala ikan ada titik-titik gelap yang terlihat seperti dua mata. Dua garis gelap vertikal di kepala ikan itu menyerupai hidung dan satu garis horizontal mirip mulut.

Dalam video berdurasi 14 detik ini terlihat ikan berenang ke tepi danau dan menjulurkan kepalanya ke atas permukaan air.

Rekaman itu pertama kali diunggah ke Weibo, platform media sosial China hingga viral dan mendapatkan banyak respon warganet.

Orang-orang yang melihat video ini umumnya merasa ketakutan. Ada juga yang mengatakan: “Ikan itu telah berubah menjadi peri.”

Sementara warganet lain membandingkan ikan itu dengan Voldemort, alien dan karakter ikan animasi dari film Shark Tale.

Menurut laporan The Sun pada Sabtu (9/11/2019) tahun 2016, ikan mas lain dengan wajah mirip manusia juga sempat menimbulkan kegemparan setelah ditemukan di Kota Wugang, provinsi Hunan, Cina tengah.

Ikan itu ditangkap guru sekolah dasar Qiu Xiaohua, yang mengatakan dia belum pernah melihat ikan seperti itu selama 20 tahun memancing. Dia berencana untuk memakan ikan itu, tapi lalu memilih menyimpannya di rumah.

Tahun 2010, seekor ikan mas dengan wajah mirip manusia lain juga ditangkap tukang daging di Essex, Inggris. Brendan O’Sullivan, pria berusia 44 tahun itu dibayar 40.000 yen untuk ikan yang ditemukannya.