BalapFormula 1

Verstappen, Pembalap Terfavorit F1 2019 Pilihan Pemirsa

0
Max Verstappen

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menjadi pembalap terfavorit pada kompetisi Formula 1 (F1) 2019.

Ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, F1 2019, telah menyelesaikan 20 dari 21 seri yang diagendakan. Kendati demikian, gelar juara dunia sudah menjadi milik pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, pada GP Amerika Serikat 2019, awal bulan lalu.

Hasil finis kedua yang didapat Hamilton pada balapan di Circuit Of The Americas, Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), itu, sudah cukup untuk membuat perolehan poinnya tidak terkejar oleh para pembalap lain.

Hamilton pun sukses melanggengkan dominasinya pada kompetisi F1 sejak musim 2014. Kendati dominan, Hamilton ternyata bukanlah pembalap yang terbaik di mata para penggemar F1.

Berdasarkan polling yang dilakukan oleh para penonton F1, nama Hamilton tidak muncul di posisi teratas. Sejak seri pertama, pihak penyelenggara F1 mengadakan survei pada setiap balapan untuk memilih satu orang pembalap menjadi “Driver Of The Day” alias pembalap terbaik.

Satu-satunya kriteria yang digunakan dalam “perlombaan” ini adalah banyaknya dukungan yang diberikan oleh para penonton F1. Dari 20 balapan yang telah dilakoni pada musim ini, nama Max Verstappen adalah yang paling sering muncul sebagai “Driver Of The Day”.

Berdasarkan data yang diperoleh Bolasport.com dari Speedweek, Verstappen tercatat sudah tujuh kali menjadi pembalap terbaik pilihan pemirsa, mengungguli para driver lain.

Di belakang Verstappen ada dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, yang berturut-turut menempati urutan kedua dan ketiga. Leclerc menjadi “Driver of the Day” sebanyak empat kali, sedangkan Vettel menyabet titel itu sebanyak tiga kali.

Sementara itu, ada tiga pembalap yang dua kali menjadi “Driver Of The Day” yakni Valtteri Bottas, Lando Norris, dan Alex Albon.

Lalu, di mana Hamilton?

Ternyata juara F1 2019 ini tak sekalipun menjadi pembalap favorit pemirsa dalam 20 kali balapan yang telah digelar.

Fakta ini sekaligus menguatkan hipotesis yang mengatakan bahwa kehadiran Hamilton pada kompetisi F1 cenderung dibenci karena “mematikan” para pembalap lain.

Dukungan mobil dengan performa mumpuni membuat pembalap asal Inggris tersebut terbilang mudah meraih kemenangan. Namun, di sisi lain, sekaligus membuat F1 cenderung monoton.

Itulah mengapa para pemirsa lebih memilih para pembalap muda seperti Verstappen dan Leclerc. Hal ini didukung pula oleh peraih dua gelar juara dunia F1, Fernando Alonso.

Senada dengan pilihan pemirsa F1, pembalap yang pernah menjadi rekan satu tim Hamilton ini juga memilih Verstappen sebagai sosok pembalap terbaik musim ini.

“Saya melihat ada pembalap yang bagus saat kualifikasi. Yang lainnya mampu menunjukkan permainan yang konsisten. Yang lain lagi menonjol karena permainan yang agresif,” ujar Alonso.

“Namun, kalau harus memilih satu, saya akan menyebut Max Verstappen sebagai yang terbaik sejauh ini,” kata dia.

Dengan satu race tersisa, Max Verstappen telah sah menjadi pembalap favorit pada kompetisi 2019 ini karena pesaing terdekatnya, Leclerc, terpaut tiga gelar darinya.

Sementara itu, seri balap pamungkas F1 2019 akan dilangsungkan di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada 29 November hingga 1 Desember mendatang. {bolasport}

Usai Motornya Terbakar, Iannone Murka Dan Sebut Aprilia Gila

Previous article

Total Hadiah Indonesia Masters 2020 Melonjak Jadi USD 400 Ribu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *