6 Pemain Ini Diprediksi Bersinar di SEA Games 2019, Salah Satunya Dari Timnas Indonesia

Muhammad Rafli, Striker Timnas U-23

Enam pemain yang diperkirakan bersinar di SEA Games 2019 di Filipina, salah satunya berasal dari Indonesia.

SEA Games 2019 Filipina akan dilaksanakan pada 30 November hingga 11 Desember 2019. Dalam ajang tersebut, salah satu cabang olahraga yang akan menjadi sorotan adalah sepak bola putra.

Cabor sepak bola putra sendiri akan dimulai lebih dulu tepatnya pada Senin (25/11/2019) yang mempertemukan Malaysia dengan Myanmar dan tuan rumah Filipina dengan Kamboja.

Sebelas negara peserta SEA Games 2019 telah mengirimkan tim nasional yang berisikan pemain-pemain muda terbaiknya.

Dilansir dari Fox Sports Asia, setidaknya ada enam pemain dari enam negara berbeda, termasuk Indonesia, yang diperkirakan akan bersinar di SEA Games 2019.

Berikut daftar enam pemain timnas sepak bola putra yang diperkirakan akan bersinar di SEA Games 2019:

1. Muhammad Rafli (Indonesia)

Nama Muhammad Rafli mencuat ke permukaan setelah penampilan gemilang dalam laga uji coba antara timnas U-22 Indonesia dan timnas U-23 Iran pada awal pertengahan November 2019.

Dalam laga yang digelar pada 13 November dan 16 November 2019, Rafli berhasil mencetak dua gol, masing-masing satu gol pada setiap pertandingan. Ketiadaan striker murni di tim besutan Indra Sjafri menyebabkan gelandang serang Arema FC tersebut berpeluang tampil penuh di setiap pertandingan.

Bahkan, Rafli diperkirakan bisa jauh lebih bersinar dibandingkan Egy Maulana Vikri atau Osvaldo Haay.

2. Supachok Sarachat (Thailand)

Supachok Sarachat selalu menjadi pilihan utama baik di klubnya, Buriram United, maupun di timnas Thailand.

Pemain 21 tahun tersebut memulai karier cemerlang dengan mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 bersama timnas U-23 Thailand pada Maret 2019.

Supachok lantas selalu dilibatkan dalam lima pertandingan timnas Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pemain sayap tersebut juga mencetak gol internasional perdana ketika timnas Thailand mengalahkan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September 2019.

Kesempatan Supachok untuk bersinar di SEA Games 2019 semakin terbuka setelah bintang Chiangrai United, Ekanit Panya, dicoret dari skuad timnas U-22 Thailand.

3. Luqman Hakim (Malaysia)

Luqman Hakim menjadi pemain ketiga yang diprediksi bakal bersinar di SEA Games 2019. Pemain 17 tahun tersebut pernah membawa Malaysia mencapai final Piala AFF U-19 2019 sebelum dikalahkan Australia.

Luqman juga berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia di babak semifinal dan membantu timnas U-19 Malaysia menang 4-3. Saat ini, Luqman telah menandatangani kontrak bersama klub yang bermain di divisi teratas Liga Belgia, KV Kortrijk.

4. Nguyen Quang Hai (Vietnam)

Nguyen Quang Hai merupakan salah satu talenta muda yang dimiliki timnas Vietnam. Striker 22 tahun tersebut membantu klubnya, Hanoi FC, masuk dalam babak play-off Piala AFC 2019.

Quang Hai juga sempat membantu tim nasionalnya mencapai babak perempat final Piala Asia AFC 2019 sebelum dikalahkan timnas Jepang 0-1.

Quang Hai juga sempat turun bermain ketika timnas Vietnam mengalahkan timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada 15 Oktober 2019.

Kini, dia menjadi pemain paling berpengalaman di timnas U-22 Vietnam dan bertekad meraih medali emas di SEA Games 2019.

5. Stephan Schrock (Filipina)

Filipina memikul beban berat sebagai tuan rumah untuk tampil apik dalam gelaran SEA Games 2019. Beban tersebut tampaknya sedikit banyak akan diletakkan di pundak salah satu dari dua pemain senior di timnas U-22 Filipina, Stephan Schrock.

Pemain 33 tahun tersebut memiliki kelebihan yaitu bisa dimainkan dalam posisi apa pun. Pencetak gol perdana Filipina di ajang Piala Asia AFC itu juga memiliki sederet pengalaman yang berguna untuk mendampingi para koleganya yang masih muda selama di lapangan.

Meski Filipina tidak terlalu diunggulkan dalam ajang ini, tim berjuluk Azkals Junior tersebut cukup diuntungkan karena tergabung dalam Grup A bersama Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

6. Faris Ramli (Singapura)

Satu lagi pemain senior yang diprediksi akan bersinar di SEA Games 2019 adalah pemain timnas U-22 Singapura, Faris Ramli.

Pemain 27 tahun tersebut tampil ampik ketika membela klubnya, Hougang United, di Liga Primer Singapura 2019. Ia membantu Hougang United finish di posisi ketiga klasemen dan membuat tim tersebut lolos ke fase grup Piala AFC 2020.

Selain itu, pemain bernomor punggung 10 tersebut juga dianugerahi penghargaan Player of the Year dari Liga Primer Singapura. Musim depan, dia akan segera memulai kariernya bersama Terengganu FC di Liga Super Malaysia. {bolasport}