BalapFormula 1

F1 Abu Dhabi 2019, Hamilton Juara Bottas Heroik

0
F1 Abu Dhabi 2019

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, kembali meraih kemenangan setelah memenangi balapan GP Abu Dhabi 2019 yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu (1/12/2019).

Lewis Hamilton berhasil finis paling depan pada balapan terakhir F1 2019 setelah menyelesaikan balapan yang berlangsung selama 55 putaran tersebut. Dia unggul 16,772 detik dari pembalap Red Bull, Max Vertappen, yang finis di urutan kedua.

Sementara itu, pembalap Ferrari, Charles Leclerc, terpaksa puas finis di peringkat ketiga setelah berduel ketat melawan pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas.

Kendati gagal meraih podium dan hanya finis di urutan keempat, Valtteri Bottas mampu menampilkan performa yang heroik setelah mengawali balapan dari urutan paling belakang.

Jalannya sesi balapan F1 Abu Dhabi 2019

Balapan baru memasuki putaran pertama, bendera kuning langsung berkibar tatkala Pierre Gasly (Toro Rosso) mengalami kecelakaan karena bersenggolan dengan Lance Stroll (Racing Point).

Gasly pun terpaksa melakukan pit stop setelah dia kehilangan sayap depan mobilnya setelah terlibat dalam insiden tersebut. Lewis Hamilton (Mercedes) berusaha untuk membuat jarak dengan unggul 2,5 detik atas Charles Leclerc (Ferrari) sebagai rival terdekatnya.

Penampilan impresif ditunjukkan oleh rekan satu tim Lewis Hamilton, Valtteri Bottas, yang sukses memperbaiki posisinya dengan menduduki urutan ke-14 setelah start dari posisi paling belakang.

Balapan memasuki putaran ke-12, dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, secara bersamaan melakukan pit stop untuk pertama kalinya. Sedangkan Valtteri Bottas perlahan-lahan berhasil masuk ke posisi 10 besar dengan menduduki urutan keenam.

Saat balapan memasuki putaran ke-15, Carlos Sainz (McLaren) keluar jalur tatkala melintasi tikungan 5 dan 6 untuk bersaing merebut posisi ke-14 dengan Daniel Ricciardo (Reanult).

Namun, dia tidak dikenakan hukuman penalti lantaran memotong jalur dan hanya harus menyerahkan kembali posisi 14. Duel sengit terjadi saat Valtteri Bottas berduel dengan Sebastian Vettel ketika balapan memasuki putaran ke-17.

Usai berduel dengan sengit, pembalap asal Finlandia itu berhasil melewati Sebastian Vettel di tikungan 11 untuk merebut posisi keempat.

Benturan kembali terjadi antara Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) dengan Robert Kubica (Williams) saat balapan memasuki putaran ke-24. Keduanya saling bersenggolan ketika beradu cepat di tikungan 11.

Pemimpin balapan, Lewis Hamilton, melakukan pit stop pertamanya saat balapan menyisakan 27 putaran lagi. Max Verstappen (Red Bull) berhasil mengambil kembali posisinya dengan menduduki urutan kedua tatkala menyalip Leclerc di tikungan 8.

Hamilton semakin menjauh dari kejaran Vertappen yang berada di urutan kedua dengan unggul 15 detik hingga balapan menyisakan 20 putaran lagi. Dua pembalap Ferrari kembali melakukan pit stop secara bersamaan saat balapan menyisakan 16 putaran.

Kendati demikian Charles Leclerc masih mampu mempertahankan posisi di urutan ketiga saat keluar pit stop, sedangkan Vettel harus turun ke posisi keenam.

Di sisi lain, Lewis Hamilton sama sekali belum tersentuh oleh para pesaingnya, sementara Valtteri Bottas perlahan kembali menduduki urutan keempat. Lance Stroll menutup balapan terakhir F1 2019 dengan hasil mengecewakan setelah menjadi pembalap pertama yang mundur dari balapan.

Duel sengit terjadi ketika balapan menyisakan dua putaran terakhir tatkala Sebastian Vettel berusaha untuk mempertahankan posisinya dari ancaman Alexander Albon.

Persaingan juga terjadi untuk merebutkan posisi ketiga di mana Bottas semakin mendekati posisi dari Charles Leclerc. Hingga berakhirnya balapan, Hamilton berhasil mempertahankan posisinya di urutan pertama, sementara Vertappen dan Leclerc secara berurutan finis di urutan kedua dan ketiga. {bolasport}

Dovizioso Bakal Ikut Gantung Helm Jika Valentino Rossi Pensiun

Previous article

Final Bulu Tangkis Putri SEA Games 2019, Indonesia Siap Balaskan Dendam 2011 ke Thailand

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *