News  

Masyarakat dan Elit Berbaur Hadiri Haul ke-10 Gus Dur

Acara Haul ke 10 Gus Dur

Sejumlah warga dan tokoh nasional menghadiri acara puncak peringatan Haul ke-10 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019).

Sejumlah tokoh yang sudah hadir antara lain Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, serta mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pantauan redaksi, warga dari berbagai kalangan juga tampak memadati lokasi acara yang juga kediaman keluarga Gus Dur. Warga terlihat hilir-mudik di sekitar lokasi acara.

Beberapa warga yang tidak dapat masuk ke dalam rumah keluarga Gus Dur terlihat duduk rapi di hadapan layar lebar. Layar itu berada di halaman luar rumah keluarga Gus Dur.

Sementara itu, beberapa karangan bunga juga tampak terpasang di luar lokasi acara.

Karangan bunga itu dikirim oleh sejumlah tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Puncak peringatan Haul ke-10 Gus Dur akan dimulai pada 19.30 WIB. Acara ini diisi tausiyah, selawat hingga pertunjukan kesenian seperti paduan suara, pembacaan puisi dan stand up comedy.

Seperti diketahui, Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid wafat pada 30 Desember 2009 dalam usia 69 tahun. {kompas}