5 Laga Bulu Tangkis Tahun 2019 Paling Banyak Dilihat Penonton

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia

Pukulan smes backhand pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, saat melawan tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota (Jepang) pada Korea Open 2019, Oktober kemarin.

Laga tersebut disaksikan sebanyak 9,9 juta penonton dalam video yang diunggah di laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Namun, Lee Zii Jia lebih senang jika bisa mengalahkan Momota daripada video pertandingannya sekadar disaksikan banyak penonton di dunia maya.

Lee Zii Jia mengatakan bahwa smes backhand-nya terinspirasi dari aksi legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat dan video pertandingan melawan Momota berada di urutan ketiga video yang paling banyak dilihat penonton.

“Rasanya tidak bisa dipercaya. Saya tidak berharap bidikan ini telah menarik hampir 10 juta viewers!” kata Lee dilansir BolaSport.com dari The Star.

“Hal ini bisa lebih bermakna jika saya memenangkan pertandingan. Saya lebih suka orang-orang mengingat saya karena mengalahkan Momota untuk pertama kalinya,” ucap peraih medali emas SEA Games 2019 tersebut.

Pada pertandingan itu, Lee Zii Jia kalah, 15-21,19-21 dari Momota. Bagi Lee, ini merupakan kekalahan ketiga beruntun dari Momota. Sebelumnya, Lee menelan kekalahan dari Momota pada Kejuaraan Dunia 2019 dan Piala Sudirman.

Lee menghadapi Momota lagi pada babak kedua Fuzhou China Open, November. Namun, dia gagal melanjutkan pertandingan karena mengalami keracunan makanan akut.

“Tetap saja, saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar bulut angkis atas dukungan mereka. Saya akan menganggapnya sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik pada musim depan.”

Lee saat ini sedang mempersiapkan diri pada turnamen pembuka BWF World Tour 2020, Malaysia Masters yang akan berlangsung di Axiata Arena di Bukit Jalil, 7-12 Januari.

Dia akan menjalani laga yang sulit melawan unggulan ketiga, Anders Antonsen (Denmark). Jika semuanya berjalan baik, Lee akan menghadapi unggulan teratas Momota pada semifinal.

Selain Lee Zii Jia, itu juga ada momen yang membanggakan bagi pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Mereka juga mencuri perhatian karena reli maraton 115 tembakan ketika melawan Dechapol Puava-ranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) pada BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou awal bulan ini.

Video pertandingan tersebut masuk urutan kelima paling banyak dilihat (4 juta penonton).

Berikut lima pertandingan bulu tangkis 2019 yang paling banyak dilihat penonton.

1. Pasangan ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, mengakhiri reli panjang melawan Lee So-hee/Shin Sheung-chan (Korea Selatan) pada China Open (10,7 juta penonton).

2. Pasangan ganda campuran Wang Yilyu/Huang Dongping (China) yang menang dalam laga yang menakjubkan melawan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dari Thailand pada Kejuaraan Dunia 2019 di Basel, Swiss (10,2 juta penonton).

3. Backhand smes tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, melawan Kento Momota (Jepang) pada Korea Open 2019 (9,9 juta penonton).

4. Permainan brilian tunggal putri, Ratchanok Intanon (Thailand) melawan Chen Yufei (China) pada Thailand Open 2019 (5,5 juta penonton).

5. Reli 115 pukulan antara padangan ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying melawan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) pada BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou (4 juta penonton). {bolasport}