News  

Kapal Tenggelam di Labuan Bajo, 5 Wisatawan Asal Sukoharjo Selamat

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Bidadari, Sabtu (4/1). Kali ini lima orang warga Sukoharjo, Jawa Tengah yang sedang berlibur di Pulau Bidadari, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat menjadi korban kelalaian kapten kapal motor Aditya.

Kronologi yang diterima merdeka.com menyebutkan, pada Kamis (2/1) sekitar pukul 09.00 Wita, kapal motor Aditya yang di Nahkodai oleh Samsudin bersama tiga orang anak buah kapal (ABK), bertolak dari pelabuhan Labuan Bajo menuju perairan Taman Nasional Komodo.

Kapal motor itu membawa lima orang penumpang dan satu orang guide. Mereka melakukan trip selama tiga hari. Dengan rute pulau Kelor, Menjerite, pulau Rinca dan Pulau Kalong. Usai berkeliling, Sabtu (4/1), pukul 07.00 Wita kapal kembali bertolak dari perairan Siaba menuju Labuan Bajo.

Pada pukul 09.45 Wita, saat kapal sedang berada di perairan Bidadari, tiba-tiba muncul gelombang tinggi dan menghantam kapal yang ditumpangi sehingga tenggelam. Pukul 09.47 Wita, kapten kapal motor Aditya mengontak melalui Radio ke kapal motor Lapiret yang saat itu sedang melintas.

Mendapatkan laporan radio tersebut, kapal motor Lapiret langsung menerjunkan speedboat-nya untuk mengevakuasi para korban.

Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur, Kombes Pol Johannes Bangun menjelaskan, pada pukul 10.00 Wita tiga orang korban dibawa dari lokasi kejadian menggunakan speedboat ke pelabuhan Pelni.

“Pada pukul 11.25 Wita, tiga orang korban dilarikan ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo. Pukul 11.35 Wita dua orang korban lainnya tiba pelabuhan Pelni dan langsung dilarikan juga ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan,” jelasnya.

Identitas ke lima warga Sukoharjo:

1. Anti (Perempuan)
TTL: Sukoharjo, 28 april 1974
Pekerjaan: Wiraswasta
Alamat: Sukoharjo, Jawa Tengah

2. Pya (Perempuan)
TTL: Sukoharjo, 29 Desember 2000
Pekerjaan: Mahasiswa
Alamat: Sukoharjo, Jawa Tengah

3. Cinta (Perempuan)
TTL: Sukoharjo, 3 Juli 2005
Pekrjaan: Pelajar kelas 3 SMP
Alamat: Sukoharjo, Jawa Tengah

4. Kokoh Sumarwanto (Laki-laki)
TTL: 12 Mei 1972
Pekerjaan: Wiraswasta
Alamat: Sukoharjo, Jawa Tengah

5. Adifa (Laki-laki)
TTL: 01 Febuari 1998
Pekerjaan: Mahasiswa
Alamat: Sukoharjo, Jawa Tengah

Menurut Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur, walaupun masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo, namun ke lima warga Sukoharjo yang menjadi korban dalam keadaan baik dan selamat. {merdeka}