Charles Leclerc: Tahun 2020 Akan Sangat Penting Bagi Ferrari

Charles Leclerc

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, menilai kejuaraan dunia Formula 1 (F1) 2020 akan sangat penting menjelang perubahan peraturan balap pada tahun 2021.

Charles Leclerc pun berharap bisa meraih titel kampiun pada tahun ini alias F1 2020. Sejarah mencatat, pembalap terakhir dari tim Ferrari yang mampu menjadi juara dunia ialah Kimi Raikkonen.

Driver asal Finlandia itu menyabet titel kampiun dunia pada tahun 2017. Adapun gelar juara dunia konstruktor terakhir yang diraih tim Kuda Jingkrak terjadi pada tahun 2008.

Mengacu pada fakta-fakta tersebut, Leclerc berharap tahun ini Ferrari bisa meraih titel kampiun untuk bersaing dengan kompetitor utama mereka, Mercedes.

“Saya berharap bisa meraih titel kampiun dunia pada tahun 2020, tetapi saya tak akan keberatan seandainya harus menunggu hingga tahun 2021,” kata Leclerc, dikutip BolaSport.com dari Crash.

“Persaingan akan sulit dan tahun 2020 akan jadi tahun penting karena saat inilah semua tim berinvestasi, mengingat tahun 2021 akan ada pembatasan anggaran,” ucap pembalap asal Monako itu.

Peraturan baru Formula 1 menetapkan adanya pembatasan anggaran hingga 175 juta dolar (Rp 2,3 triliun) per tim. Angka ini tidak termasuk biaya pemasaran, gaji pembalap, dan kebijakan bonus untuk tiga personel terbaik pada tiap tim.

Kebijakan tersebut diberlakukan FIA untuk membuat ajang balap jet darat F1 menjadi lebih adil dan berkesinambungan di antara semua tim peserta. Untuk itulah, Leclerc berjanji akan tampil maksimal pada tahun 2020.

“Saya akan menyiapkan diri untuk musim-musim berikutnya dan semoga Ferrari bisa bekerja dengan baik untuk membangun mobil yang siap berkompetisi,” tutur dia.

Charles Leclerc bergabung dengan tim Ferrari pada tahun 2019 dan menjalani musim perdananya di sana dengan sangat baik.

Sepanjang musim lalu, Leclerc berhasil membukukan dua kemenangan dan menempati tujuh pole position. Berkat performa apiknya itu, Leclerc menyelesaikan musim balap Formula 1 2019 di urutan keempat. {bolasport}