News  

Turki dan Pakistan Bakal Sepakati Kewarganegaraan Ganda

Turki dan Pakistan sedang mempertimbangkan rencana untuk mengizinkan kewarganegaraan ganda bagi warga kedua negara. Hal ini diyakini dapat meningkatkan hubungan bilateral secara signifikan.

Rencana ini terungkap dalam pertemuan antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Pakistan, Ijaz Ahmad Shah dan Duta Besar (Dubes )Turki untuk Pakistan, Ihsan Mustafa Yurdakul.

Menurut Mendagri Ahmad Shah, langkah yang diusulkan Dubes Yurdakul itu sedang dipertimbangkan masak-masak oleh pemerintah Pakistan. “Semoga dapat disepakati secepatnya” ujarnya.

Mereka juga membahas kerjasama program pelatihan, terutama bidang militer, dengan peningkatan peralatan dan personel militer untuk penegakan hukum.

“Kementerian Dalam Negeri menyambut baik inisiatif memperkenalkan pasukan patroli polisi bekerja sama dengan polisi ICT pada model pasukan Lumba-lumba yang diperkenalkan di Lahore (Wilayah Islamabad),” tutur Ahmad Shah.

Yurdakul juga menginformasikan Mendagri Ahmad Shah bahwa Presiden Turki dijadwalkan akan mengunjungi Pakistan dalam waktu dekat ini.

Mendagri Turki, Suleyman Soylu juga berharap dapat mengunjungi Pakistan di Februari 2020 dan bertemu dengan Ahmad Shah. Keduanya akan membahas masalah-masalah bilateral.

Ahmad Shah menginformasikan Konsulat Turki yang sedng dibangun di bagian selatan Kota Karachi adalah yang terbesar di dunia.

Shah juga menyatakan keprihatinan rakyat Pakistan atas musibah gempa bumi yang menimpa Turki dan menelan banyak korban baru-baru ini. [aa]