Nasida Ria Audisi Cari Penyanyi Berakhlak Mulia, Minat?

Sebuah poster rekrutmen penyanyi Nasida Ria Semarang mendadak viral. Secara sekilas, persyaratan yang tertulis dalam poster itu tidak ada yang ganjil. Meski begitu, warganet memperdebatkan maksud ‘mempunyai akhlak yang mulia’.

Begini tulisan lengkap yang tertera dalam poster tersebut:

Nasida Ria Mencari Bakat
“Singer”
Untuk kalian yang mempunyai suara bagus dan berkarakter, silakan kirimkan demo nyanyi kalian dan akun sosial media kalian ke WhatsApp 085156376131 atau email [email protected].
Syarat:
– Wanita umur 15-20 tahun
– Bersuara bagus atau berkarakter
– Berdomisili Jawa Tengah
– Mempunyai akhlak yang mulia
Pihak Nasida Ria Semarang membenarkan poster tersebut dikeluarkan oleh manajemennya. Staf Public Relation Nasida Ria Fathul Amin mengatakan, Nasida Ria baru kali pertama melakukan rekrutmen online secara terbuka.

“Sebelum-sebelumnya kita cuma offline saja. Kita mendatangi pesantren-pesantren/tempat mengaji, membuat audisi, lalu membagikan poster-poster,” ungkap Fathul kepada kumparan, Kamis (6/2).

Ia menambahkan, syarat untuk menjadi penyanyi Nasida Ria tidak pernah berubah sejak grup musik itu berdiri pada 1975. Salah satunya adalah penyanyi Nasida Ria diwajibkan memiliki akhlak yang mulia.

“Jadi akhlaknya bagus itu seperti mempunyai sopan-santun, ramah, ibadahnya rajin, tidak pacaran,” beber Fathul.

Selain dilarang agama, kata Fathul, penyanyi Nasida Ria tidak boleh pacaran agar fokus latihan di basecamp yang beralamat di Jalan Walisongo, Tugurejo, Semarang. Biasanya latihan diadakan pada Sabtu dan Minggu.

Saat ini, personel Nasida Ria Semarang berjumlah 12 orang. Semuanya bisa menyanyi (vokal) dan memainkan alat musik. Selain itu, ada juga Grup EzzurA atau Nasida Ria Junior yang beranggotakan 8 orang. [kumparan]