Sosok Yang Dipanggil Ani Oleh Rhoma Irama Ini Kini Jual Martabak

Yati Octavia dan Suami

Masih ingatkah Anda dengan sosok Ani lawan main Rhoma Irama? Kini Yati Octavia dan suaminya Pangky Suwito berjualan martabak untuk kebutuhan mereka. Diakui Yati Octavia, hal itu dilakukan keduanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari pasca tak lagi eksis di dunia hiburan.

Untuk diketahui, artis Yati Octavia memerankan tokoh Ani di film “Berkelana” bersama Rhoma Irama. Yati Octavia menjadi tokoh Ani yang saat itu selalu disebut-sebut oleh Rhoma Irama.

Saat jaya dulu, Yati Octavia merajai dunia perfilman tanah air. Berbagai judul film menjadi garapannya, yang paling sukses adalah saat ia beradu peran dengan Rhoma Irama.

Di era gemilangnya, Yati pun diketahui menikah dengan Pangky Suwito dan dikaruniai tiga putra. Seperti yang kita tahu, Pangky Suwito juga merupakan salah satu bintang film di era 1970-an.

Banyak film Indonesia sudah diperankannya, mulai dari Roda-roda Gila, Terjebak Dalam Dosa, hingga Mengejar Malam Pertama. Pangky Suwito (lahir Di Purwokerto 1951) adalah bintang film era 1970-an dan pemain sinetron Indonesia.

Telah banyak film yang dibintangi Pangky, dan salah satu orang yang berjasa ‘menemukannya’ adalah Ratno Timoer. Sedangkan sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Roda-Roda Cinta dan Panji Manusia Milenium.

Pernikahannya dengan artis Yati Octavia yang telah berlangsung lebih dari 25 tahun berlangsung ‘adem-ayem’ tanpa gosip, sehingga mereka dijadikan ikon pasangan harmonis.

Dikutip dari Wikipedia, pada era emas film Indonesia, Yati Octavia adalah artis terlaris dan termahal. Ia sempat dijuluki si ratu film karena banyak penggemarnya.

Untuk setiap film ia sempat menerima honor lebih dari Rp 5 juta rupiah bersama dengan aktor Roy Marten, Roby Sugara, Yenny Rachman dan Doris Callebaute.

Film yang paling menghebohkan adalah film Rahasia Perkawinan, karena Yati Octavia bersedia untuk digundul kepalanya.

Rambah dunia kuliner

Dilansir dari TribunJambi.com (grup TribunJatim.com), Yati Octavia mempunyai seorang putera pertama (Tesar) dari perkawinan dengan almarhum Syamsudin dan tiga putra dengan suami kedua Pangky Suwito.

Setelah merambah dunia film layar lebar, Yati Octavia pun sempat bermain sinetron. Namun seiring berjalannya waktu, ia mulai jarang muncul di televisi.

Rupanya, Yati Octavia kini merambah dunia kuliner untuk mencukupi hidupnya dan keluarga. “Kebetulan ya selama kita masih hidup kita perlu makan,” kata Yati Octavia dilansir dari YouTube TRANS TV Official Jumat (21/2/2020).

Ia pun memilih martabak dan ayam sebagai pilihan kulinernya. “Kenapa juga martabak dan ayam, karena orang Indonesia suka martabak gak bosen-bosen, ayam juga gak bosen-bosen, bakso juga,” kata Yati Octavia.

Sang suami, Pangky Suwito pun menceritakan kalau dirinya masih selalu menyisihkan untuk sedekah dalam usahanya.

“Itu yang kita sasar, kita ambil 70 persen (untuk biaya hidup) dari situ, terus 30 persen untuk operasional, tapi 10 persen selalu saya sisihkan untuk sedekah, bukan 2 atau 5 persen,” jelasnya.

Dalam berbisnis kuliner, menurut Yati Octavia, dirinya selalu berunding dengan sang suami. “Pasti ada rundingan,” kata dia.

“Kan Yati ada dua tiga seperti di Purwokerto, saya selalu sampaikan Mah ini kita butuh dana sekian, kamu setuju nggak, harus dibicarakan,” papar Pangky Suwito.

Jualan martabak karena tak lagi eksis di dunia hiburan

Yati Octavia pun mengungkap keputusan mereka untuk berbisnis kuliner yakni dikarenakan keduanya sudah tak lagi eksis di dunia hiburan.

“Kebetulan kita mau bisnis, bisnis apa ya, yaudah kuliner aja, karena selama kita masih hidup kan kita harus makan segala macem, udah gitu ketemu, joinan ya dengan teman-teman,” jelas Yati Octavia.

Dalam bisnisnya itu, Pangky Suwito menjelaskan soal pasang surut. Rupanya gerai martabak yang mereka miliki sudah banyak dan tersebar di beberapa daerah.

“Kalau penurunan ada, karena sekarang kan memang lagi musim hujan, pasti akan ada penurunan, terus kita punya 100 gerai, pasti ada sekian persen ada (penurunan) tapi kan bisa menutupi, makanya kalau kita umpamanya ada 100 outlet alhamdulillah kita bisa nutup kalau yang kurang bagus,” tuturnya.

Survei Sampai 1 Tahun

Yati Octavia, adalah sosok wanita yang dipanggil Raja Dangdut, Rhoma Irama dengan sebutan Ani. Sepi job, kini nama Yati seolah tenggelam dari dunia hiburan.

Sepinya pekerjaan di dunia hiburan, membuat Yati mengizinkan sang suami untuk jualan martabak. Pangky Suwito memang sudah lama tidak aktif di layar kaca lagi. Kondisi ini membuat suami Yati memilih untuk menggeluti bisnis kuliner.

Pangky mengatakan bahwa dirinya serius menggeluti bisnis martabak khas Bangka. Sebelum memulai usahanya, Pangky melakukan survey terlebih dahulu.

“Saya survei selama setahun, saya tongkrongin tuh tukang martabak di Jakarta. Biasanya malam Minggu kan ramai tuh. Dari situ saya belajar bisnis ini karena jualan martabak sangat menguntungkan,” ujar Pangky.

Pangky juga mengemas martabaknya dalam berbagai varian rasa yang digandrungi anak muda.

“Ada juga bermacam pilihan cokelat. Ada juga green tea dan healthy dengan bahan dasar gandum,” jelas aktor yang main dalam sinetron PANJI MANUSIA MILLENIUM dan memerankan sosok Profesor ini.

Pangky mengatakan bahwa dalam menjalankan usahanya dia tidak hanya mengejar keuntungan. Lebih lanjut Pangky mengatakan bahwa beberapa persen hasil penjualannya disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan.

Setelah lama vakum, pasangan suami istri ini kembali terlibat dalam sinetron terbaru yang akan tayang dalam waktu dekat ini. Sama dengan kehidupan nyata, Yati dan Pangky akan berperan sebagai suami istri. {tribun}