Kader Perempuan Berpeluang Pimpin Golkar NTB

Musda DPD I Partai Golkar Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 4 Maret 2020 bakal ramai. Tiga nama figur calon Ketua DPD I Golkar NTB muncul. Mereka adalah Hj. Sari Yuliati, H.Moh.Suhaili FT, dan TGH. Ahyar Abduh.

Anggota DPR RI Dapil NTB 2 Pulau Lombok Sari Yuliati disebut-sebut sudah mulai turun menjaring dukungan. Tiga calon Ketua DPD Golkar NTB ini akan memperebutkan 13 suara.

13 pemilik suara itu adalah satu suara dari organisasi mendirikan yakni Kosgoro 1957, Soksi, dan Ormas MKGR. Satu suara dari organisasi yang didirikan seperti KPPG, AMPG, AMPI atau organisasi sayap dan satu suara DPP.

Sementara 10 suara masing-masing berasal dari Ketua DPD II Partai Golkar kabupaten/kota di NTB. Ketua harian DPD I Partai Golkar NTB H. Misbach Mulyadi mengatakan, Partai Golkar punya banyak kader potensial untuk memimpin partai.

Menurutnya, tidak ada dikotomi antara kader laki-laki atau perempuan. Hanya saja, harus memenuhi syarat sesuai peraturan organisasi. “Siapapun yang memenuhi syarat boleh maju. Tidak ada persoalan mau perempuan atau laki-laki,” ujar Misbach kepada kemarin (24/2/2020).

Misbach yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD NTB itu menjelaskan sudah ada Ketua DPD I yang dipimpin perempuan. Di antaranya Ketua DPD I Sulawesi Utara dan Ketua DPD I Maluku Utara. Termasuk Ketua DPD I Partai Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah.

Sementara di NTB, kata Misbach Partai Golkar sudah menempatkan kader perempuannya. Dia mencontohkan ada Hj. Indah Damayanti Putri sebagai Ketua DPD II Golkar Bima dan Hj.Sumiatun sebagai Ketua DPD II Golkar Lombok Barat.

“Syaratnya itu harus tercatat sebagai kader Golkar dan pernah menjadi pengurus harian di semua jenjang baik DPD II, DPD I, dan DPP,” ungkapnya.

Ketua PD Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) NTB Lalu Satriawandi menepis anggapan dikotomi perempuan dan laki-laki sebagai ketua Golkar. Menurutnya, banyak contoh kader perempuan Golkar menjadi pemimpin.

“Ketua DPRD NTB juga kan kader perempuan Golkar. Bahkan ada juga ketua partai level provinsi NTB seorang perempuan,” tegasnya.

Dia mendorong seluruh kader Golkar NTB ikut menyukseskan Musda X DPD I Partai Golkar NTB. Musda Golkar akan berlangsung pada 4-6 Maret 2020 di Mataram.

Lalu Satriawandi optimistis Partai Golkar terus sukses dalam perpolitikan di NTB. Lagipula, saat ini Partai Golkar NTB tetap diposisi puncak dengan menguasai kursi DPRD NTB.