Tekno

Sensus Online 2020, Kaspersky Imbau Jangan Asal Klik

0

Pemerintah mulai menggelar sensus penduduk secara online di tahun 2020. Sensus ini mendata penduduk melalui laman daring lewat sensus.bps.go.id.

Ini merupakan kali pertama sensus dilakukan secara daring. Sensus via online sendiri sudah dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Soal keamanan data, Indonesia sendiri menjadi negara nomor 9 yang paling sering terkena serangan siber menurut laman daring Kaspersky. Momentum seperti ini dapat digunakan oleh peretas untuk melancarkan serangannya.

“Apapun kegiatan nasional atau internasional akan menjadi point interest bagi sibercrime untuk membuat serangan,” ujar Territory Channel Manager SEA Kaspersky Indonesia, Dony Koesmandarin, di Lara Jonggrang, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, alasan peretas melakukan hal itu bisa bermacam-macam. “Tujuannya juga masing-masing, iseng, famousfinansial number. Intinya, setiap event, moment itu, dipake untuk membuat satu poin menyebarkan itu (Malware),” katanya.

Ragam Malware yang disebarkan peretas bisa berbentuk macam-macam. Mulai dari laman daring, iklan, hingga berbentuk berita.

Warganet diminta untuk cermat dalam melakukan sensus, perhatikan baik-baik link sebelum mengisi kolom sensus.

Jangan tertipu dengan iming-iming pihak ketiga yang mengatakan akan mengalihkan laman menuju laman resmi sensus. Pastikan untuk mengetik sendiri alamat laman resmi sensus yakni sensus.bps.go.id. {wartaekonomi}

Nasdem Buka Posko Bantuan Untuk Banjir Jakarta

Previous article

Bawa Narkoba, Vitalia Shesya Diciduk Bersama Pasangannya di Kemayoran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *