News  

Jangan Keliru! Ini Beda Hijab, Niqab dan Burqa

Banyak sekali wanita muslim di dunia yang berjilbab dengan berbagai macam model. Ada pula yang sudah menutup seluruh auratnya termasuk dengan menggunakan niqab atau cadar.
Walaupun sudah berlalu, masih saja ada kontroversi orang memakai jilbab bahkan cadar. Di antaranya dengan motivasi yang salah dan hanya menjadikannya sebuah ‘trend’ atau model.
Jika kamu tidak terbiasa dengan wanita-wanita muslimah yang telah berhijab bahkan telah menutup semua auratnya atau burqa, kamu mesti pahami lebih baik budaya Islam agar menjadi terdidik tentang kontroversi tersebut.
Ternyata, ada tiga hal yang mesti kamu pahami tentang hijab, niqab, dan burqa agar tidak salah mengartikannya.
1. Hijab
Hijab berasal dari kata hajaba yang berarti menyembunyikan, menutupi, atau menghalangi sesuatu dari pandangan orang lain. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hijab adalah dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain.
2. Niqab
Niqab atau yang lebih dikenal dengan cadar. Cadar adalah kain yang menutupi bagian hidung hingga mulut dan hanya memperlihatkan bagian mata dan dahi saja. Namun, tak sedikit dari pemakaiannya yang menutupi dahi dan hanya memperlihatkan bagian mata saja.
Banyak dari mereka yang bercadar menggunakan sarung tangan, tetapi sering kali juga mereka tidak menggunakannya. Banyak dari mereka yang mempercayai bahwa, ketika kamu menggunakan cadar, kamu pun perlu menutupi bagian tangan.
3. Burqa
Burqa secara umum lebih dikenal sebagai pakaian muslimah yang paling menutupi bagian tubuh, yakni dari ujung kepala hingga ujung kaki.
Tentu saja, hal ini berbeda dari mereka yang mengenakan niqab atau cadar yang hanya memperlihatkan bagian mata atau mata dan dahi saja.
Dalam pemakaian burqa, akan ada bagian kain yang dibuat tipis pada bagian mata agar mereka yang menggunakan bisa melihat keluar, tetapi sulit untuk melihat sebaliknya.
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa perbedaan hijab, niqab, dan burqa. Sekarang, kamu tidak perlu salah kaprah lagi akan tiga hal tersebut. {kumparan}