Liburan ke Swiss Saat Pandemi Corona, Krisdayanti Dinilai Abaikan Jokowi

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menilai kegiatan liburan yang dilakukan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Krisdayanti mencederai kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Lucius mengatakan langkah Jokowi mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak (social distancing) dengan beraktivitas dari rumah sudah baik. Namun hal itu tak dijalankan oleh perempuan yang akrab disapa KD.

“Dalam konteks itu kegiatan berlibur ke luar negeri saat ini mencederai misi pencegahan corona sebagaimana diimbau Presiden. Dan yang jelas posisi sebagai anggota DPR sekaligus pesohor membuat aksi KD yang berlibur di luar negeri terlihat jauh dari apa yang diharapkan,” kata Lucius dilansir dari CNNIndonesia.

Sejak Selasa (12/3/2020), akun Instagram @krisdayantilemos mengunggah kegiatan liburan Krisdayanti dan keluarga ke Swiss. Ada sepuluh foto yang telah diunggah KD selama liburan ke Swiss.

Kolom komentar beberapa unggahan itu berisi kritik dari warganet. Mereka mempertanyakan kegiatan liburan KD saat Jokowi mengimbau untuk berdiam di rumah. Terlebih lagi saat ini masih masa reses anggota dewan.

Lucius mengingatkan status KD sebagai anggota dewan mewajibkannya menjalankan tugas saat reses. Pasal 373 UU Nomor 17 Tahun 2014 (UU MD3) mengatur kewajiban anggota dewan menyerap, menindaklanjuti, dan bertanggung jawab secara moral terhadap aspirasi konstituennya.

Sementara Pasal 401 ayat (1) UU MD3 menyebut anggota dewan yang tak melaksanakan kewajiban itu akan dikenai sanksi berdasarkan putusan Badan Kehormatan DPR RI.

“Masa reses itu bukan waktu untuk berlibur. Karena itu sulit memahami bagaimana bisa ada anggota DPR yang memanfaatkan reses justru untuk berlibur. Saya kira ini pelanggaran terhadap tujuan reses sebagaimana diamanatkan oleh UU MD3,” pungkas Lucius.

Fraksi PDIP DPR RI belum mengetahui perihal liburan anggotanya, Krisdayanti alias KD, ke Swiss di tengah wabah virus Corona (COVID-19). Krisdayanti dinilai belum memahami perannya sebagai legislator.

“Belum tahu nih. Yang bersangkutan belum merespons WA pimpinan fraksi. KD selama ini kita kenal sebagai aktris, kemudian menjadi anggota DPR RI, dalam strata sosial yang tak tertulis, ada perbedaan sangat jauh antara aktris (kaum profesional) dan anggota DPR RI (kaum elite politik), ada loncatan strata sosial,” kata Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto, Kamis (19/3/2020).

Bambang mengatakan Fraksi PDIP akan mendidik Krisdayanti, yang merupakan anggota Komisi IX, untuk memahami dunia barunya. Dunia artis dengan politik dinilai berbeda.

“Jika info tersebut benar, maka tugas kami, pimpinan fraksi, untuk mencoba mendidik agar yang bersangkutan bisa memahami dunia barunya. Yakni dunia politis, yang punya kultur sangat berbeda dengan aktris,” ujar Bambang.

Krisdayanti sewajarnya tahu bahwa masa reses parlemen bukan menjadi waktu liburan bersama keluarga. Tak perlu juga diimbau untuk tak bepergian dulu ke luar negeri saat wabah Corona.