News  

Jawa Tengah Tertinggi Kasus ODP Virus Corona, Ini Tanggapan Gubernur Ganjar

Ganjar Pranowo

Jawa Tengah mencatat ada dua kota dengan kasus OPD virus corona terbanyak. Dua kota itu adalah Semarang dan Temanggung. Secara berturut-turut jumlahnya adalah Kota Semarang 606 ODP dan Kabupaten Temanggung 414 ODP.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merasa sangat prihatin dengan keadaan tersebut. Ia mengajak semua aparat ikut serta bergerak menangani wabah ini, termasuk menggerakkan tokoh agama.

“Makanya kepada bupati dan walikota saya mengatakan ini saatnya kita bergerak masif dengan menggerakkan tokoh agama, tokoh masyarakat, sampai hansip, dan lainnya untuk memberi pembelajaran kepada masyarakat,” kata Ganjar saat rapat koordinasi, Sabtu (21/3).

Ganjar mengatakan, seluruh kekuatan seluruh layer pemerintahan termasuk civil society, menjadi agen pencegahan penyebaran.

“Kita sebar ke bawah. Sekali lagi ini butuh gerakan masif dan butuh kedisiplinan, maka kepercayaan menjadi kata yang penting. Trust menjadi kata yang penting,” tegas Ganjar.

Ganjar pun mengingatkan agar para aparat mengimbau seluruh warganya benar-benar menerapkan pola hidup sehat, olah raga teratur, konsumsi makanan bergizi, hingga istirahat yang cukup. Seluruh masyarakat diminta mematuhi arahan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hingga Sabtu siang tadi, Jawa Tengah mencatatkan lagi kasus baru, yaitu dua pasien positif virus corona. Sehingga saat ini menjadi 14 positif, dan 3 di antaranya sudah meninggal.

Sebanyak 138 Pasien Dalam Pengawasan dirawat dan sebanyak 2.391 berstatus Orang Dalam Pemantauan.

“Tolong kepada masyarakat bantu kami. Mari ikuti protokol-protokol yang kita berikan percayai kami bahwa kami akan melakukan dengan sungguh-sungguh. Doakan kami,” harapnya. {rmol}