Pebulutangkis Pelatnas Sumbangkan Ratusan Masker dan Hand Sanitizer Untuk Masyarakat

Atlet-atlet bulu tangkis anggota Pelatnas PBSI menyumbangkan 500 paket disinfektan, hand sanitizer, dan masker untuk masyarakat yang masih harus berada di luar rumah di tengah wabah covid-19 atau virus corona.

Paket-paket tersebut disumbangkan kepada pengemudi ojek daring, pedagang asongan, juru parkir, dan pegiat profesi lain yang harus berada di luar rumah untuk bekerja meski sudah ada anjuran untuk melakukan isolasi mandiri.

Pemain ganda putri Indonesia, Greysia Polli, awalnya mendengar cerita dari dokter tim.

“Saat memeriksa kami selama masa isolasi, dokter di PBSI mengatakan mereka prihatin karena masih banyak yang berada di luar rumah untuk bekerja,” kata Greysia, dikutip BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

“Situasi mereka serba salah karena lebih takut keluarga tidak makan,” ucapnya melanjutkan.

Menurut Greysia, situasi tersebut luput dari perhatiannya karena dia masih menjalani isolasi mandiri usai bertanding pada All England Open 2020, 11-15 Maret lalu di Birmingham, Inggris.

“Karena kemarin-kemarin sedang menjalani isolasi, kami tidak tahu keadaan di luar. Memang kami membaca berita, tetapi tidak ada gambaran karena tidak melihat sendiri,” tuturnya.

Dari cerita dokter tim itulah ia menginformasikan skuad ganda putri Indonesia soal inisiatif membagikan hand sanitizer, disinfektan, dan masker.

Ternyata, para atlet dari sektor lain menyambut baik setelah saling berbagi ide kegiatan sosial. Mereka turun tangan langsung untuk mempersiapkan paket-paket tersebut.

Fajar Alfian, misalnya. Pemain ganda putra Indonesia itu ikut membuat desinfektan. “Tadi saya mendapat tugas membuat desinfektan. Membuatnya tidak susah, karena sudah ada instruksi yg tinggal saya ikuti,” kata Fajar.

“Ini pertama kalinya saya membuat desinfektan.. Semoga bisa membantu mereka yang membutuhkan,” tuturnya

Dana sumbangan untuk membuat paket tersebut ternyata terkumpul tiga kali lebih besar dari perkiraan awal. Atlet-atlet PBSI pun berencana membeli sembako dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan yang membutuhkan. {bolasport}