Tompi: Tidak Mudik Adalah Pilihan Paling Bijaksana Tahun Ini

Teuku Adifitrian alias Tompi. (Foto: Instagram/dr Tompi)

Pemerintah sudah melakukan berbagai macam usaha untuk menghentikan wabah virus corona. Kebijakan penerapan social distancing selama lebih kurang hampir 3 minggu sudah hampir dijalankan.

Dengan menghentikan kegiatan di luar rumah, diharapkan penyebaran pandemi covid-19 terus berkurang. Akan tetapi jika kondisi ini terus berlangsung, masyarakat pun terancam tidak akan melakukan kegiatan secara normal saat hari raya nanti.

Hal yang sangat sulit mengingat kehangatan dan sifat kekeluargaan warga Indonesia. Artis sekaligus dokter bedah Tompi juga mengkhawatirkan masyarakat yang kekeh nekat ingin mudik.

Tompi membahas masalah ini dalam suatu perbincangan dengan Helmi Yahya dalam video Youtube berjudul “Maksa Mudik Lebaran bisa Menjadi Bencana Besar”.

“Kebiasaan mudik itu udah menjadi semacam keharusan dan melarang orang mudik saya rasa akan menjadi masalah yang sangat besar,” ungkap Tompi dalam kanal Youtube Helmy Yahya Bicara, Selasa (7/4/2020).

“Tapi tolonglah saudara-saudara kita di luar sana mau tidak mau mungkin saat ini kita harus mengalah,” sambungnya. “Tidak mudik adalah pilihan yang paling bijaksana untuk saat ini,” tegas Tompi.

Meskipun banyak pertentangan, Tompi memberikan contoh ibadah salat Jumat. “Bukan berarti bahwa salat Jumat itu tidak boleh, berkumpulnya yang gak boleh,” ujar Tompi.

Tompi sangat khawatir karena jika masyarakat memaksa untuk tetap pergi, penyebaran virus ini akan semakin tidak terkontrol.

Mengingat dalam kondisi seperti ini saja, masyarakat masih banyak yang mengabaikan imbauan pemerintah untuk social distancing. Di sisi lain, fasilitas medis negara juga masih sangat serba terbatas. {grid}