2 Jam Konser Amal COVID-19 Dari Rumah, Didi Kempot Kumpulkan 4 Miliar

Penyanyi Didi Kempot

Kemampuan dari Didi Kempot sebagai ‘Godfather of Broken Heart’ tampaknya memang tak main-main. Berkat Didi Kempot, konser amal untuk wabah corona yang dilangsungkan di rumahnya berhasil mengumpulkan jumlah uang yang fantastis.

Didi Kempot berhasil meraup Rp 4 milyar dalam kurun waktu 2 jam saja, bahkan server penggalangan donasi sempat down.

Gelaran Konser Amal tersebut digelar di rumah Didi Kempot dan ditayangkan secara langsung oleh KompasTV.

Melalui konser tersebut, penyanyi campur sari Didi Kempot berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 4 miliar lebih.

Konser Amal dari Rumah tersebut berlangsung selama tiga jam dan dimulai dari pukul 19.00 WIB, Sabtu (11/4/2020). Nantinya, donasi yang terkumpul akan digunakan untuk masyarakat yang terdampak virus corona atau Covid-19.

Bahkan, Rosiana Silalahi menyebut lantaran antusias masyarakat untuk memberi sumbangan, server Kitabisa.com sempat mengalami down.

“Tadi sempat down, karena masyarakat antusiasnya banyak. Tapi kami cepat mengalihkan ke BCA dan ternyata itu tidak mengurangi antusias. Dan jumlahnya sekarang sudah Rp 4 miliar lebih,” kata Rosiana Silalahi selaku pemandu acara dari studio KompasTV, Sabtu (11/4/2020).

Mendengar donasi yang telah mencapai Rp 4 miliar, Didi Kempot langsung menyampaikan ucapan terima kasih. “Terima kasih Sobat Ambyar, terima kasih,” ucap Didi Kempot.

Sebelumnya, dalam konser itu, Didi Kempot juga menyelipkan pesan kepada masyarakat untuk tidak mudik guna menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Iya betul enggak usah mudik dulu buat Sobat Ambyar, karena kita tahu situasi negara ini,” tutur Didi Kempot.

Konser Amal dari Rumah diselenggarakan untuk memgumpulkan donasi demi penanggulangan virus corona atau Covid-19. Penggalangan dana bisa disalurkan melalui BCA PT.CIPTA MEGASWARA TELEVISI dengan nomor rekening 012.3030220 (Berita Transfer: Amal).

Video Jokowi Nyanyi Bareng Didi Kempot Viral

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat terlihat hanyut dalam lantunan lagu Didi Kempot ‘Sewu Kutho’ saat mengisi acara menyambut Kemerdekaan Indonesia.

Video Jokowi menikmati lagu ‘Sewu Kutho’ Didi Kempot pun langsung viral bahkan di unggah ulang oleh Presiden Jokowi di Twitter.

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) tampak semringah ketika menikmati penampilan Didi Kempot yang menyanyikan lagu “Sewu Kutho” di depan Istana Kepresidenan.

Jokowi tak ragu ikut menyanyikan bait demi bait salah satu lagu andalan Didi Kempot itu.

Momen tersebut terjadi ketika Jokowi menyaksikan pergelaran wayang kulityang dilaksanakan pada Jumat (2/9/2019) malam.

Pergelaran wayang kulit itu dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Indonesia, pada Agustus ini.

Semringahnya Jokowi saat menikmati “Sewu Kutho” terekam oleh kamera seorang warganet yang mengunggahnya di akun Twitter.

Dalam video singkat itu, Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana tampak ikut menyanyi dan tertawa gembira menikmati penampilan Didi Kempot.

Layaknya seorang penggemar pada umumnya, Jokowi tanpa malu turut mengikuti syair lagu “Sewu Kutho” yang dibuat Didi Kempot bersama Arie Wibowo.

“Terpantau Bapak @ jokowi ikut menyanyikan lagu Sewu Kutho dengan sumringah. @didikempotid @Sobatambyarrr . hallo mas @kaesangp dan mas @Chilli_Pari,” tulis akun @jarkiyo.

Jarkiyo merupakan salah satu penggemar yang membuat wadah bagi penggemar Didi Kempot.

Unggahan warganet tersebut rupanya dibaca oleh Jokowi. Ia pun membalas twit tersebut dengan me-retweet melalui akun Twitter resminya, @jokowi. “Hehe, Bapak saya penggemar Sewu Kutho,” balas Jokowi.

Balasan Presiden Jokowi terhadap videonya itu mendapat reaksi yang cukup besar dari para pengikut akun Twitter-nya. Menurut mereka, ini adalah kali pertama Jokowi membalas kicauan warganet yang menge-tag-nya.

Adapun, Didi Kempot mengisi acara sebelum pergelaran wayang kulit bertema “Kresno Jumeneng Ratu” dengan dalang Ki Manteb Soedharsono.

Setelah dibuka oleh sambutan Menteri Sekretariat Negara sekaligus Ketua Panitia Acara Peringatan HUT RI Pratikno, acara itu juga dimeriahkan oleh sejumlah artis.

Selain Didi Kempot, bintang tamu beken yang tampil antara lain Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Soimah, Den Baguse Ngarso, Kirun, Akbar, Edo Kondologit, dan Endah Laras.

Acara digelar untuk menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang. Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi juga berpenampilan santai dengan mengenakan jaket bomber warna biru.

Jokowi juga sempat memainkan wayang kulit yang diberikan oleh sang dalang, Ki Manteb Soedharsono. Didi Kempot saat ini kembali naik daun dengan lagu-lagunya dan mendapat julukan “The Godfather of Broken Heart“.

Ini disebabkan lagu-lagu karya Didi Kempot kerap bertema patah hati, atau tentang orang yang dikecewakan karena cinta. Tak heran penggemar Didi Kempot mendapat julukan sad boys atau sad girls.

“Sewu Kutho” sendiri berkisah tentang seseorang yang berusaha melupakan seorang yang dicintainya.

Meski sudah melewati seribu kota (sewu kutho), namun perasaan itu tidak juga bisa hilang.

Jarkiyo, orang yang mengunggah video Jokowi menikmati lagu “Sewu Kutho” juga merupakan salah satu sad boy.

Menurut dia, Didi Kempot merupakan salah satu bukti bahwa seniman berkualitas banyak datang dari daerah. “Ini ada ‘bara api’ kenapa kita enggak jaga?

Kan pesan dan kesannya Didi Kempot ‘wong Jowo ojo lali Jawane’ dan ‘ora popo koe seneng budaya luar tapi ojo benci budaya dewe’,” ujar Jarkiyo, saat ditemui Kompas.com pada 14 Juli 2019. {tribun}