News  

PLN: Listrik Jaksel Dipadamkan Karena Ledakan Kabel Tanah Hoaks

Viral beredar pesan terkait akan adanya pemadaman di Jakarta Selatan (Jaksel) pada Senin (13/4/2020) karena ada ledakan kabel tanah. PLN pastikan berita tersebut adalah hoaks.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan bahwa memang benar adanya laporan kebakaran kabel tanah di Jalan Panglima Polim Senin (13/4/2020) pukul 10.17 WIB.

“Hanya ada 1 pelanggan saja yang padam akibat kebakaran kabel tanah tersebut dan pukul 11.10 sudah normal kembali. Bukan di Cipete Raya, tapi Panglima Polim” tambah Ikhsan.

PLN menegaskan kembali tidak ada pemadaman listrik di Jakarta Selatan akibat kebakaran kabel tanah di jalan Panglima Polim seperti pesan yang beredar.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta untuk memutus mata rantai virus corona atau Covid-19 efektif pada Jumat, (10/4/2020). PLN berkomitmen mendukung PSBB dengan menjaga pasokan listrik di DKI Jakarta.

Untuk menjaga pasokan listrik tetap andal selama PSBB diberlakukan, sebanyak 2.371 personil PLN yang bertugas di unit-unit kritikal seperti pembangkit, transmisi, Pengatur Beban, Transmisi, Distribusi, Pembangkit (Control Room dan Dispatcher Room), Call Center 123, Command Center, dan Posko Pelayanan Teknik tetap akan bekerja di unit kerjanya masing-masing.

Hal tersebut juga telah di atur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 di mana perusahaan pelayanan publik penyedia listrik tetap dapat beroperasi.