News  

Positif Corona Tembus 4.557 Orang, Apa Kabar Obat China Yang Diborong Jokowi?

Jumlah kasus positif virus corona covid-19 di Tanah Air semakin tinggi per hari Senin (13/4/2020), sejak kali pertama diumumkan keberadaannya pada awal Maret. Merujuk data hari Senin (13/4/2020), terdapat temuan 316 kasus baru.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah keseluruhan pasien yang positif Covid-19 berjumlah 4.557 pasien. Jumlah tersebut berdasarkan data hingga pukul 12.00 WIB hari ini.

“Kasus positif yang kami dapatkan per hari ini sebanyak 316 orang. Totalnya menjadi 4.557 orang,” kata Yurianto dalam keterangannya di Gedung BNPB, Senin sore.

Selain itu, angka kasus kematian akibat virus mematikan asal Wuhan, China tersebut juga bertambah. Tercatat ada 26 kasus kematian sehingga total pasien yang meninggal berjumlah 399 orang.

“Kemudian ada 26 yang meninggal sehingga totalnya menjadi 399 kasus,” sambung Yurianto.

Selain itu, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan negatif dari Covid-19 juga bertambah.

Hingga hari ini, ada 21 pasien lagi yang dinyatakan sembuh sehingga totalnya menjadi 380 pasien. “Ada 21 pasien yang sembuh sehingga totalnya menjadi 380 kasus,” tutup Yurianto.

Pada pertengan Maret 2020 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan memesan obat yang banyak digunakan di beberapa negara untuk menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona atau covid-19. Langkah ini diambil Jokowi untuk menanggulangi penyebaran virus corona di Indonesia.

Jokowi mengatakan berdasarkan riset dan pengalaman beberapa negara obat tersebut bisa mengobati dan memberikan kesembuhan pasien yang terjangkit corona.

Melalui langkah ini, Jokowi menegaskan negara tidak tinggal diam dalam upaya menanggulangi masalah Covid-19. Dalam pendistribusiannya, obat ini akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan terinfeksi.

Obat ini, imbuhnya, sudah dicoba oleh satu sampai tiga negara. Obat tersebut bernama Avigan yang telah dipesan sebanyak 5.000, dan saat ini dalam proses pemesanan sebanyak 2 juta.

“Kedua, Chloroquine Ini kita telah siap 3 juta, kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan Covid-19,” terangnya, kemarin Jumat, (20/03/2020).

China menyebut obat flu bermerek Avigan, efektif melawan virus corona. Avigan merupakan obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical.

Fujifilm Toyama mengembangkan obat ini pada 2014. Avigan sudah diberikan pada pasien positif Covid-19 di Jepang sejak Februari. {teropongsenayan}