Tekno  

Lawan Dominasi Zoom, Telegram Luncurkan Fitur Grup Video Call

Aplikasi perpesanan Telegram sedang mengembangkan layanan panggilan video grup yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Pihak Telegram mengatakan opsi saat ini menawarkan keamanan atau kegunaan, tetapi versinya akan menawarkan keduanya.

Zoom diakui sangat ramah pengguna namun dilanda beberapa skandal keamanan dalam beberapa bulan terakhir.

Kritik menunjukkan bahwa klaim layanan tentang menawarkan enkripsi ujung ke ujung itu salah, dan bahwa pengaturan privasi default memudahkan pengguna tak diundang untuk memanfaatkan panggilan video.

Telegram juga menghadapi kritik dari komunitas keamanan karena enkripsi end-to-end tidak diaktifkan secara default.

Menurut Telegram, itu mencapai tonggak 400 juta pengguna setahun setelah mencapai 300 juta pengguna. Mencapai tonggak sejarah berarti itu menggandakan basis penggunanya sejak 2018, ketika memiliki 200 juta pengguna aktif bulanan.

Perusahaan itu mengatakan telah melihat setidaknya 1,5 juta pengguna baru mendaftar untuk layanan ini setiap hari, dan itu adalah aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh di lebih dari 20 negara.

Namun, basis pengguna masih jauh dibandingkan dengan WhatsApp yang memiliki dua miliar pengguna pada Februari tahun ini.

Bersamaan dengan pengumuman pengguna aktif bulanan, Telegram juga merinci koleksi fitur baru. Pengguna sekarang dapat menambahkan cuplikan pendidikan untuk kuis yang dibuat pada layanan.

Ada direktori baru untuk menelusuri 20.000 stiker yang tersedia di Telegram, dan perusahaan menambahkan fitur baru ke klien macOS-nya. {wartaekonomi}