Nyali Besar Sophia Florsch, Pembalap Wanita Pertama Asal Jerman di F3

Ajang balap, baik motor maupun mobil, didominasi oleh laki. Nyaris sulit menemukan kehadiran kaum hawa di atas motor MotoGP atau kokpit mobil Formula One (F1). Namun, tradisi itu berusaha didobrak oleh Sophia Florsch yang bakal mengaspal di Formula Three (F3) 2020.

Nama Sophia Florsch pertama kali mencuat justru bukan karena hal positif, melainkan kecelakaan hebat. Gadis berkebangsaan Jerman itu mengalami kecelakaan parah pada F3 GP Macau pada pertengahan November 2018.

Kecelakaan berawal dari senggolan dengan Jehan Daruvala pada putaran empat di sirkuit jalan raya tersebut.

Mobil Sophia Florsch lantas berputar tanpa kontrol dan terbang melintasi tikungan dalam kecepatan tinggi. Ia harus menjalani operasi bedah akibat cedera tulang belakang yang dideritanya.

Kecelakaan hebat tersebut tidak membuat Sophia Florsch trauma. Kecintaannya pada olahraga balap mobil membuat gadis dengan senyum manis itu berani tampil pada ajang balap Kejuaraan Formula Regional Eropa 2019. Ia mampu finis pada peringkat tujuh klasemen akhir.

Penampilan impresif dan keberhasilannya mengatasi trauma, membuat Sophia Florsch lantas direkrut peserta F3 2020, Campos Racing.

Pembalap kelahiran Grunwald itu akan menjadi perempuan pertama yang turun semusim penuh di F3. Sekadar informasi, F3 adalah dua jenjang balapan sebelum F1.

Nyali besar Sophia Florsch untuk tetap membalap, mendapat penghargaan bergengsi Laureus World Sports Awards 2020. Ia memenangi penghargaan World Comeback of the Year karena mampu kembali ke lintasan balap usai kecelakaan hebat. {okezone}