News  

Awan Jamur Muncul Dekat Chernobyl, Putin Jajal Senjata Nuklir Rusia?

Sebuah awan raksasa berbentuk jamur muncul di langit Kiev, di dekat Chernobyl, Ukraina. Pemandangan ini memicu kepanikan publik setempat karena Chernobyl merupakan lokasi bencana nuklir terburuk dunia tahun 1986.

Jarak Kiev dengan bekas lokasi bencana nuklir itu hanya 60 mil. Kendati demikian, para pejabat Ukraina mengatakan kepada penduduk agar tidak panik.

Munculnya awan raksasa berbentuk jamur itu memicu sebagian penduduk setempat berspekulasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah menguji senjata nuklir. Sebagian warga lainnya khawatir bahwa itu adalah objek terbang tak dikenal atau UFO.

“Apakah Putin sedang menguji senjata nuklir baru?,” tulis warga Kiev, Maxim Volokh, di media sosial. Warga lainnya, Mariya Pulyak bertanya; “Apakah itu UFO?”

Namun, awan berbentuk jamur itu sejatinya adalah fenomena cuaca yang terjadi secara alami.

Gambar dramatis menunjukkan awan raksasa muncul mengejutkan di langit biru di atas Kiev. Layanan Darurat Negara Ukraina kemudian berbagi foto dengan keterangan yang berbunyi;”Akui saja, siapa yang takut?”.

Menurut para pejabat, tidak ada alasan untuk panik karena awan yang tidak biasa adalah fenomena langka yang dikenal sebagai awan landasan sehingga tidak ada alasan untuk khawatir.

“Kami telah memiliki jenis awan sebelum di atas Kiev Oblast, Ternopil Oblast dan Vinnitsa,” kata salah satu pejabat Layanan Darurat Negara Ukraina, seperti dikutip dari Daily Mirror, Selasa (23/6/2020).

Awan landasan, juga disebut cumulonimbus incus, adalah awan cumulonimbus yang telah mencapai stabilitas stratosfer dan telah membentuk karakteristik rata, bentuk landasan-atas.

Awan ini biasanya tidak bergerak, tidak peduli seberapa kuat angin, dan lambat laun menghilang. Jika sering muncul menandakan akan ada badai yang akan datang.

Bencana nuklir Chernobyl tahun 1986 telah menewaskan 31 orang, termasuk 28 petugas pemadam kebakaran yang meninggal karena Acute Radiation Syndrome (Sindrom Radiasi Akut), sebuah cara meninggal yang menyakitkan dan mengerikan.

Namun, banyak yang percaya jumlah korban yang meninggal mencapai ribuan orang.

Banyak dari mereka yang meninggal sebagai akibat langsung dari insiden tersebut pada tanggal 26 April 1986, tidak terbunuh sebagai akibat dari ledakan dan sebaliknya akibat radiasi yang menghancurkan.

The Union of Concerned Scientists memperkirakan antara 4.000 hingga 27.000 orang meninggal sebagai akibat dari bencana nuklir tersebut, sedangkan Greenpeace menyebut angkanya jauh lebih tinggi antara 93.000 hingga 200.000 jiwa.

Banyak orang yang tinggal ratusan mil dari lokasi ledakan reaktor nuklir jatuh sakit dengan menderita penyakit setelah bencana tersebut.

Orang-orang mengalami berbagai penyakit, mulai dari kanker, cacat lahir, dan penyakit serius lainnya.

Dalam pembersihan besar-besaran berikutnya, total 600.000 likuidator direkrut dari seluruh Rusia untuk membantu dan diperkirakan sebanyak 6.000 di antaranya mungkin meninggal karena upaya mereka.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa jumlah kematian dini yang terkait dengan bencana nuklir itu adalah sekitar 4.000 jiwa.

Meksi sudah 34 tahun berlalu, mereka yang terkena dampak buruk dari bencana nuklir Chernobyl masih belum bisa move on. {sindonews}