News

Serapan Dana Corona Minim, Iwan Sumule: Para Menteri Takut Disalahkan Kalau Tiba-Tiba Jokowi Lengser?

0

Serapan dana corona yang masih minim seperti menjadi alasan Presiden Joko Widodo jengkel bahkan terkesan marah pada para menterinya.

Dalam rapat kabinet 18 Juni lalu, sebagaimana video yang diunggah Sekretariat Presiden di YouTube pada Minggu (28/6), Presiden Jokowi tampak menyentil Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang masih minim menyerap anggaran.

Diurai Jokowi bahwa anggaran penanganan Covid-19 untuk bidang kesehatan adalah sebesar Rp 75 triliun, tapi nyatanya baru terserap 1,39 persen saja.

Kegeraman Jokowi ini pun mengundang tanda tanya besar bagi Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule. Dia menangkap sejumlah pesan dari kejengkelan Jokowi yang dipublikasi istana tersebut.

Pertama, Iwan Sumule menilai bahwa Jokowi seolah meminta para menteri untuk berlomba-lomba menghabiskan dana corona. Terlebih lagi dana ratusan triliun yang dianggarkan pemerintah terus menanjak dalam tiga bulan terakhir tanpa bisa diawasi dan dikendalikan DPR.

Mantan walikota Solo itu seolah ingin meyakinkan para menteri bahwa mereka tidak perlu ragu menghabiskan dana corona.

Sebab, dia sudah pasang badan melalui penerbitan Perppu 1/2020 yang kini menjadi UU 2/2020 atau yang akrab disebut sebagai UU Corona. Di mana UU itu memberi imunitas hukum yang bagi para pengguna dana corona.

“Jadi Jokowi terkesan, “ayo habiskan, silakan berlomba-lomba mumpung ada imunitas”. Padahal dipakai ugal-ugalan sekalipun tidak akan dianggap kerugian negara,” tegasnya saat berbincang, Senin (29/6).

Kedua, Iwan Sumule bingung dengan para menteri Jokowi. Kenapa dengan imunitas sebesar itu tidak segera melakukan serapan anggaran yang berlimpah ruah.

Dia menduga ada sesuatu yang besar menghantui para menteri untuk menyerap anggaran tersebut. Dugaan itu mengerucut pada ketakutan para menteri jika di tengah jalan Jokowi dilengserkan.

Artinya, mereka akan menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas penggunaan dana corona.

“Para menteri seperti sudah menghitung, jangan-jangan mereka yang disalahkan jika tiba-tiba Jokowi lengser di tengah jalan. Kekhawatiran apalagi yang masuk akal? Kan hak imunitas mereka besar, masa tidak dipakai,” tutur Iwan Sumule.

Selain Jokowi lengser, para menteri juga masih ketar-ketir dengan keampuhan UU Corona. Pasalnya UU ini sedang dalam gugatan oleh ProDEM di Mahkamah Konstitusi (MK). Sedianya, ormas dan kelompok lain juga akan turut berdatangan ke MK untuk menggugat perppu ini.

“Kalau gugatan ProDEM dan ormas lainnya sampai dikabulkan, bukankah nanti akan ditanya siapa yang pakai dananya?” demikian kata Iwan Sumule. {rmol}

Utang Pemerintah ke Pertamina 2017-2019 Nyaris Tembus Rp.100 Triliun

Previous article

Duh! Ternyata Risma Sudah Tiga Kali Bersujud di Forum Terbuka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *