News  

Wabah Baru Bubonic Plague Melanda Mongolia Dalam, China

Belum selesai wabah Covid-19, kini muncul wabah baru bernama Bubonic Plageu atau atau wabah Pes atau maut hitam di China. Wabah saat ini seakan tak habis-habisnya menyerang dunia.

Selain pandemi virus corona yang telah menginfeksi belasan jutaan orang, ada virus Ebola yang telah menjangkiti belasan orang di Kongo.

Bulan lalu, Juni 2020, peneliti asal China mengungkapkan virus jenis baru ‘G4’ yang merupakan strain dari virus Flu Babi atau H1N1.

Tak berhenti di situ, awal Juli ini, wabah baru kembali di temukan di Amerika Serikat, yakni ‘Bunny Ebola’, sebuah wabah yang menyerang ribuan kelinci.

Kemarin, Minggu (5/7/2020), Pemerintah Mongolia Dalam, China melaporkan kasus baru infeksi wabah Bubonic Plague atau yang dikenal Pes/Maut Hitam.

Pihak berwenang di Kota Bayannur, Mongolia Dalam telah mengeluarkan peringatan level tiga Minggu (5/7/2020), setelah sebuah rumah sakit melaporkan kasus yang diduga wabah Bubonic .

Melansir dari The Guardian, Senin (6/7/2020), Otoritas Mongolia Dalam telah meminta masyarakat lebih waspada dan melarang perburuan dan makan hewan yang bisa membawa wabah.

Otoritas setempat juga meminta masyarakat untuk melaporkan dugaan kasus wabah atau demam tanpa sebab yang jelas, dan melaporkan setiap marmut yang sakit atau mati.

Peringatan yang dikeluarkan pada hari Minggu menyusul empat kasus wabah yang dilaporkan pada orang-orang dari Mongolia Dalam di Bulan November lalu.

Laporan itu termasuk dua wabah pneumonia, yang merupakan varian wabah yang lebih mematikan.

Wabah Bubonic yang dikenal sebagai “Black Death” pada Abad Pertengahan, adalah penyakit yang sangat menular dan sering berakibat fatal. Wabah ini sebagian besar disebarkan oleh tikus.

Update Corona Dunia

Kasus-kasus baru virus corona masih terus dilaporkan setiap harinya dari setiap negara-negara di dunia.

Data yang dilansir dari laman Worldometers.info, Senin (6/7/2020) pukul 10:00 WIB, tercatat 11.556.681 kasus virus corona yang telah menginfeksi orang di seluruh dunia.

Hingga kini, jumlah kematian yang dilaporkan dari infeksi Covid-19 sebanyak 536.776 kasus. Sementara itu, jumlah total pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 6.535.492 orang.

Adapun, kasus aktif covid-19 berjumlah 4.484.413 kasus. Dari angka itu, sebanyak 4.425.873 orang dalam kondisi ringan dan 58.540 orang lainnya dengan kondisi serius. {tribun}