Tekno  

Ingin Jual 150 Ribu Ton Beras Per Tahun, BUMN Pertani Gandeng TaniHub

Startup pertanian TaniHub Group telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pertani (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pertanian.

Kerja sama ini dapat dikatakan layaknya sebuah ekosistem karena mencakup produksi dan penyerapan beras dari hulu ke hilir.

Pertani yang memang dikenal sebagai produsen beras bergandengan tangan dengan TaniHub yang dikenal dengan kemampuannya dalam menjangkau pasar untuk produk-produk pertanian dan pangan.

Tidak hanya mengenai produksi dan pemasaran beras, kerja sama ini juga mencakup pendanaan untuk mendukung operasional Pertani. Melalui kerja sama ini, diharapkan Pertani dapat meningkatkan volume penjualan berasnya hingga lebih dari 150.000 ton per tahun.

“Kami gembira dapat bekerja sama dengan BUMN pertanian pertama Indonesia. Bersama PT Pertani, TaniHub akan membantu meningkatkan kapasitas dalam pembelian gabah sampai penjualan beras,” kata Ivan Arie Sustiawan, CEO TaniHub Group, Senin (10/8/2020).

Kerja sama yang terjalin antara TaniHub Group dengan Pertani akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan beras.

Kini, pelanggan dapat membeli beragam jenis beras yang diproduksi oleh Pertani, mulai dari beras merah, beras organik, sampai beras premium melalui platform e-commerce TaniHub.

Selain itu, pelanggan di berbagai sektor, seperti hotel, restoran, katering (horeka), ritel, badan usaha pemerintah pusat dan daerah, juga dapat melakukan pembelian beras dengan jenis Beras Custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Di samping pemasaran beras, kerja sama ini memungkinkan TaniHub Group melalui platform TaniHub untuk memasarkan produk Pertani lainnya, di antaranya yaitu benih dan pupuk.

Selain itu, TaniHub Group melalui platform peer-to-peer lending-nya, TaniFund, juga dapat memberikan pendanaan kepada Pertani untuk membeli, memperbaiki, dan/atau merawat mesin serta alat produksi beras dalam rangka meningkatkan produktivitas dan efisiensi. {wartaekonomi}