Politik

Ogah Dukung Gibran, Berkarya Pilih Dukung Kotak Kosong di Solo

0

Partai Berkarya secara tegas ogah mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020 pada 9 Desember mendatang. Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Tengah Soewito mengakui, partainya menyadari tidak memiliki suara di Kota Bengawan itu.

Bahkan perolehan suara dalam Pemilu 2019 lalu pun tak cukup untuk mendapatkan satu kursi DPRD Surakarta. Akan tetapi, partainya dalam hal ini memiliki sikap tegas

“Kami dalam pilkada kali ini sikapnya jelas, yakni sebagai oposisi. Jika PDIP mencalonkan Gibran, kita oposisi,” ujarnya dikutip dari Radar Solo, Selasa (11/8/2020).

Sebaliknya, partai pimpinan Hutomo Mandala Putra itu tegas akan mendukung siapapun yang menjadi lawan putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

“Entah itu mendukung (pasangan calon) independen atau kotak kosong,” kata Soewito.

Sowito menambahkan, pernyataan sikap ini disampaikan atas dasar partisipasi dalam pesta demokrasi di tingkat daerah.

Hingga saat ini, kader di daerah belum mendapat instruksi khusus terkait pilkada dari Ketua Umum Hutomo Mandala Putra. “Kita tunggu saja. Untuk sementara sikap Partai Berkarya oposisi pemerintah,” imbuhnya.

Untuk diketahui, partai yang digawangi keluarga mantan penguasa Orde Baru itu saat ini tengah dirundung perpecahan internal. Bahkan, partai yang juga memiliki lambang pohon beringin ini tak diakui secara hukum.

Pasalnya, mereka kalah dengan Partai Berkarya yang dipimpin Muchdi PR. “Tetapi kami tetap satu komando bersama Bapak Hutomo Mandala Putra,” tegas Soewito.

Sementara, dukungan yang dikantongi Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa kini bertambah.

Sebelumnya, PDIP dan Partai Gerindra resmi menyatakan dukungannya. Sedangkan Partai Golkar dan PAN baru sebatas lisan.

Terbaru, suami Selvi Ananda itu juga resmi mendapat dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Surat rekomendasi ditandatangani Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni pada Jumat (7/8) lalu.

Ketua DPD PSI Surakarta, Yogo Prabowo mengatakan, sejak awal pihaknya sudah mendukung Gibran. PSI pun akan langsung bergerak cepat melalui ide-ide kreatif untuk memenangkan Gibran-Teguh.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2019 lalu, PSI mendulang 12.000 suara di Kota Solo dan berhak mendapat satu kursi di DPRD Kota Solo.

Di Pilkada Solo 2020 ini, partai besutan Grace Natalie itu menargetkan 15.000 suara untuk Gibran-Teguh. {pojoksatu}

Tak Percaya Corona, Walikota Tantang Politisi PKB Tinggal Dengan Pasien COVID-19

Previous article

Ketahuan! TikTok Diam-Diam Lacak Para Pengguna Android

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *