FIM Nyatakan Zarco Bersalah Soal Insiden Horor di MotoGP Austria 2020

Federasi Balap Motor Internasional (FIM) memutuskan untuk memberi hukuman kepada Johann Zarco atas insiden horor yang terjadi di MotoGP Austria 2020. Hukuman yang diterima Zarco berupa start dari pitlane pada MotoGP Styria 2020.

Sebagaimana diwartakan GP One, Jumat (21/8/2020), hukuman diberikan setelah FIM memanggil Zarco dan juga Franco Morbidelli yang terlibat dalam insiden itu. Pemanggilan dilakukan pada Kamis 20 Agustus 2020.

Dalam sidang tersebut, Zarco dan Morbidelli dimintai keterangan terkait insiden yang terjadi di MotoGP Austria 2020 pada akhir pekan lalu.

Keduanya memberikan keterangan dengan didampingi pihak tim, dalam hal ini Zarco bersama perwakilan Ducati dan Morbidelli dengan pihak Petronas Yamaha SRT.

Setelah menjalani sidang, Dewan Komisaris FIM pun akhirnya mengeluarkan keputusan. Dalam keputusan itu, Zarco pun dinyatakan bersalah sehingga mendapat hukuman yang berlaku pada balapan akhir pekan ini yang bertajuk MotoGP Styria 220.

“Usai insiden saat balapan MotoGP Austria yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Moridelli yang berakhir dengan red flag, Panel Stewards MotoGP FIM mengadakan audiensi pada Kamis 20 Agustus dengan melibatkan kedua pembalap,” bunyi pernyataan FIM, Jumat (21/8/2020).

“Setelah dievaluasi, diputuskan bahwa ada bukti pembalap yang harus bertanggung jawab, yakni Johann Zarco. Ini menyebabkan pemberian penalti kepadanya. Pembalap asal Prancis tiu akan emulai balapan berikutnya di MotoGP dari pitlane,” lanjut pernyataan itu.

Zarco sendiri diketahui masih berjuang untuk memulihkan kondisinya pascaoperasi skafoid pada akhir Rabu 19 Agustus 2020. Ia baru akan memulai perjalanannya di MotoGP Styria 2020 pada esok hari, Sabtu 22 Agustus 2020. {okezone}