Ini Formasi Manchester City Musim Depan Jika Messi Jadi Bergabung

Lionel Messi kencang dirumorkan akan berlabuh di Manchester City pada bursa transfer musim panas 2020. Ada sejumlah faktor yang melandasi kenapa La Pulga –julukan Messi – akan melanjutkan karier bersama The Citizens –julukan Man City.

Tercatat di akun Instagram Messi @leomessi, hanya ada empat klub yang di-follow pesepakbola 33 tahun tersebut. Sebanyak empat klub yang dimaksud adalah Newell’s Old Boys, Barcelona, Chelsea dan Manchester City.

Di-follow-nya Barcelona dan Newell’s Old Boys tidaklah mengejutkan. Newell’s merupakan klub masa kecil Messi, sedangkan Barcelona adalah tim La Pulga –julukan Messi– saat ini.

Karena itu, keputusan Messi mem-follow Man City dan Chelsea menunjukkan pesepakbola asal Argentina itu memiliki ketertarikan kepada dua klub teras asal Inggris tersebut. Faktor selanjutnya adalah kehadiran Josep Guardiola di kursi pelatih Man City.

Sekadar informasi, Guardiola dan Messi sempat berkolaborasi di Barcelona. Kala itu selama empat musim (2008-2012) bekerja sama di Barcelona, Messi dan Guardiola menghadirkan 14 trofi bagi publik Estadio Camp Nou. Dari 14 trofi itu, dua gelar di antaranya merupakan Liga Champions.

Semenjak Guardiola dan Messi pisah jalan pada 2012, keduanya kesulitan memenangkan trofi Liga Champions. Setelah meninggalkan Barcelona, Guardiola tercatat menjalani tujuh musim di Liga Champions.

Hasilnya, Guardiola sama sekali gagal memenangkan trofi si Kuping Besar. Prestasi terbaik Guardiola hanya mengantarkan Bayern Munich ke semifinal tiga musim beruntun.

Bagaimana dengan Messi? Dalam delapan musim setelah berpisah dengan Guardiola, ia hanya memenangkan satu trofi si Kuping Besar. Melihat fakta di atas, Guardiola dan Messi diprediksi kembali berkolaborasi demi satu tujuan, yakni Liga Champions.

Jika Messi dan Guardiola bekerja sama, pola apa dan siapa-siapa saja pemain yang diturunkan Guardiola? Pelatih asal Spanyol itu masih mengandalkan formasi 4-3-3.

Dalam pola tersebut, posisi penjaga gawang ditempati Ederson Moraes. Kemudian empat bek sejajar ditempati Kyle Walker, Nathan Ake, Aymeric Laporte dan Benjamin Mendy. Untuk tiga gelandang tengah, akan ditempati trio Rodri, Kevin De Bruyne dan Phil Foden.

Sementara untuk tiga baris terdepan, Messi akan beroperasi sebagai winger kanan dan Raheem Sterling beroperasi di sisi sebelahnya. Kemudian, posisi ujung tombak akan ditempati Sergio Aguero.

Berikut prakiraan formasi Man City musim depan seiring kehadiran Messi:

(4-3-3): Ederson; Walker, Ake, Laporte, Mendy; Rodri, Foden, De Bruyne; Messi, Sterling, Aguero. {okezone}