Tekno

Mengejutkan! Kecepatan Unduh 5G di Arab Saudi Tertinggi di Dunia

0

Sejak awal tahun lalu, kita telah melihat lebih banyak komersialisasi jaringan 5G di banyak negara. Salah satu keunggulan utama jaringan 5G dibandingkan 4G adalah kecepatan jaringan.

Seiring berlanjutnya komersialisasi 5G, berbagai negara memiliki kecepatan jaringan 5G yang berbeda. Faktanya, operator berbeda di negara yang sama memiliki kecepatan 5G yang JUGA berbeda.

Terkait hal tersebut, tulisan ini akan membahas sembilan negara teratas dengan kecepatan unduh 5G rata-rata tertinggi di dunia. OpenSignal telah menganalisis pengalaman pengguna 5G secara nyata di selurih operator seluler pada sejumlah negara secara global.

Analisisnya melihat negara-negara di Asia -tidak termasuk China, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Menariknya, Arab Saudi berada di peringkat atas mengalahkan negara-negara yang selama ini kita kenal sebagai penguasa teknologi seluler di dunia.

Berikut adalah sembilan negara teratas dengan kecepatan unduh 5G tertinggi di dunia:

Arab Saudi

Pada Juni 2019, STC Group secara resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Arab Saudi. Perusahaan ini menjadi operator pertama di Kerajaan yang menyediakan layanan tersebut secara komersial dan menyediakannya bagi pelanggan di sejumlah kota di Saudi.

Secara global, pengguna 5G di Arab Saudi melihat kecepatan unduh rata-rata tercepat secara keseluruhan. Negara Asia Barat itu mencatat pengalaman kecepatan unduh 414,2 Mbps.

Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara pertama di dunia yang secara komersial meluncurkan 5G pada 3 April 2019. Saat itu, SK Telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp. semuanya menggunakan jaringan 5G di seluruh negeri.

Saat ini, sekitar 85 dari lebih dari 100 kota di negara ini memiliki jaringan 5G. Selain itu, pada April 2020, Korea Selatan memiliki lebih dari enam juta pelanggan 5G. Sejauh menyangkut kecepatan unduh 5G, Korea Selatan berada di posisi kedua dengan kecepatan unduh rata-rata 312,7 Mbps.

Australia

Meskipun komersialisasi 5G di Australia dimulai pada 2019, hanya kota-kota tertentu yang memiliki jaringan internet supercepat untuk saat ini. Telstra adalah operator pertama di Australia yang meluncurkan jaringan 5G-nya.

Pada Maret 2020, Vodafone mengaktifkan menara 5G pertamanya di Parramatta, New South Wales, dan melanjutkan peluncurannya sepanjang tahun 2020. Saat ini, 5G hanya tersedia di lebih dari 10 kota besar dan kecil di seluruh Australia.

Beberapa kota dengan 5G adalah Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, Canberra, Hobart, Launceston, Gold Coast, Toowoomba, dan lainnya. Dalam hal kecepatan unduh, rata-rata kecepatan unduh 5G di Australia adalah 215,7 Mbps.

Taiwan

Komersialisasi 5G di Taiwan masih sangat muda. Far EasTone (FET) telah meluncurkan 5G komersial di seluruh kota metropolitan Taiwan. Jaringan akses radio (RAN) dan teknologi inti 5G-nya dipasok oleh Ericsson.

Sedangkan kecepatan 5G-nya, berada di posisi keempat dengan kecepatan unduh 5G rata-rata 210,2 Mbps.

Kanada

Sama seperti Taiwan, 5G Kanada baru berumur beberapa bulan dalam mengadopsi jaringan generasi kelima ini. Komersialisasi 5G dimulai di Kanada tahun ini.

Penyebaran 5G di negara Amerika Utara itu masih kecil tetapi berjalan dengan baik. Saat ini, operator seperti Rogers, Bell, dan Telus mengoperasikan jaringan 5G konsumen di Kanada.

Kota-kota seperti Vancouver, Calgary, Edmonton, Toronto, Ottawa, dan Montreal saat ini memiliki jaringan 5G di beberapa wilayah. Videotron 5G, Freedom Mobile 5G, SaskTel 5G, dan operator jaringan regional lainnya akan meluncurkan penerapan 5G pada 2021.

Dalam hal kecepatan pengunduhan rata-rata keseluruhan, jaringan 5G Kanada mencapai 178,1 Mbps.

Kuwait

Layanan 5G komersial di Kuwait sudah ada sejak Juni 2019. Namun, 5G telah tersedia di negara Timur Tengah itu sejak 2018. Terkait kecepatan unduh 5G, negara ini menempati urutan keenam. Menurut OpenSignal, kecepatan unduh 5G rata-rata Kuwait mencapai 171,5 Mbps.

Swiss

Swiss adalah salah satu negara pertama yang mulai menerapkan 5G komersial pada tahun 2019. Tetapi karena kekhawatiran kesehatan atas radiasi dari antena 5G, terjadi perlambatan dalam penerapannya.

Swiss memiliki ratusan antena 5G di negaranya, menjadikannya salah satu pelopor 5G dunia. Ketiga operator telekomunikasi utama Swiss – Salt, Sunrise dan Swisscom akan mencakup 5G negara nyaman tersebut. Untuk kecepatan unduh 5G, rata-rata pelanggannya meraih 150,7 Mbps.

Hongkong

Sama seperti Taiwan dan Kanada, 5G Hong Kong relatif muda dan baru aktif pada tahun ini. Pada 1 April 2020, HKT, Hutchison 3, dan China Mobile Hong Kong (CMHK) meluncurkan layanan 5G.

Untuk CMHK, layanan 5G-nya tersedia di lebih dari 90% wilayah utama Pulau Hong Kong. Namun, jaringan HTK 5G hanya mencakup 11 dari 18 distrik di wilayah tersebut. Adapun kecepatan unduh 5G-nya, meski baru, kecepatan unduh 5G Hong Kong mencapai 142,8 Mbps.

Inggris Raya

Inggris adalah salah satu negara paling awal yang secara resmi mengkomersialkan 5G. Pada Mei 2019, hanya dua jaringan (EE dan Vodafone) di Inggris yang menawarkan layanan 5G.

Saat ini, keempat operator utama di Inggris semuanya menawarkan layanan 5G. Namun hingga saat ini cakupannya masih belum meluas. 5G EE tersedia di 80 kota kecil dan kota besar sementara 5G Vodafone di 44 kota besar dan kota besar. {sindo}

Demokrat Dukung Langkah Rizal Ramli dkk Gugat Presidential Threshold ke MK

Previous article

Pengakuan Reza Artamevia Dicekoki Sabu Oleh Gatot Brajamusti

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *