News  

Sertifikasi Ulama Tak Mudah, JK: Itu Gelar Pemberian Masyarakat Bukan Instansi

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menilai tidak mudah untuk melakukan sertifikasi ulama. Sebab gelar ulama atau kyai berasal dari masyarakat dan tidak ada instansi yang memberikan gelar tersebut.

“Ulama atau kyai itu gelar yang diberikan oleh masyarakat, bukan oleh instansi resmi. Bisa jadi ia tidak bergelar apa-apa (menempuh pendidikan formal) tapi karena dia memiliki ilmu agama yang baik maka masyarakat memberinya gelar ulama.”

“Yang harus diingat ulama atau kyai di Indonesia jumlahnya jutaan bagaimana bisa disertifikasi sebanyak itu?“ ujar JK saat penyerahan 3900 alat semprot disinfektan mandiri kepada seluruh masjid yang ada di wilayah DKI Jakarta di Masjid Agung Sunda Kelapa, Ahad, 13 September 2020.

Kalla mengatakan, seseorang bisa saja tidak bergelar apa-apa, atau dalam artian tidak menempuh pendidikan formal, tetapi karena memiliki ilmu agama yang baik, maka masyarakat memberinya gelar ulama.

Lebih lanjut, Kalla melihat, sertifikasi ulama yang dicanangkan pemerintah lewat Kementerian Agama hanya relevan untuk para Da’i yang diundang berceramah di instansi pemerintah.

“Sertifikasi itu khususnya untuk Da’i yang mau ceramah di Masjid yang diatur oleh kantor kantor pemerintah. Jadi kantor pemerintah atau masjidnya hanya mengundang Da’i yang sudah tersertifikasi tapi tidak untuk semua masjid yang ada di Indonesia, tidak mudah itu” kata Kalla. {TEMPO}