Setuju Ditunda, Wapres Ma’ruf Amin: Dalam Darurat, Dahulukan Selamatkan Jiwa

Keselamatan jiwa masyarakat harus diutamakan saat pandemi Covid-19, meskipun menjaga keberlangsungan hidup sama pentingnya dengan perekonomian.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, ketika membuka Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang diikutinya secara daring dari kediaman Wapres RI di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Menurut Kiai Ma’ruf, kesehatan masyarakat dan keberlangsungan ekonomi harus berjalan seimbang. Dia mengibaratkan dua hal itu sebagai gas dan rem pada sebuah mobil.

“Bahkan umpamanya diambil skala prirotas mana yang harus didahulukan jika dalam keadaan darurat? Jawaban saya jelas dan tegas, dahulukan untuk menyelamatkan jiwa,” kata Kiai Ma’ruf.

Karena itu, Kiai Ma’ruf mendukung keputusan PBNU menunda penyelenggaraan Muktamar ke-34 NU yang sedianya diadakan bulan Oktober mendatang. Apalagi didasarkan pada alasan kemanusiaan.

“Menunda pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama adalah keputusan yang tepat. Saya menghargai sikap dan pertimbangan PBNU yang berlandaskan pada tujuan dasar syariah Islam maqosidus syari’ah,” jelasnya.

Diketahui, Muktamar ke-34 NU seharusnya diadakan bulan Oktober nanti. Namun melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang belum terkendali, pelaksanaan forum musyawarah tertinggi NU itu ditunda. {fajar}