Tekno  

Cara Gunakan Google My Business Jadi Alat Bantu Pemasaran Digital

Dalam rangka meningkatkan visibilitas di mesin pencari Google, banyak bisnis online yang menggunakan berbagai alat bantu pemasaran, salah satunya Google My Business (GMB).

GMB merupakan alat yang bisa diakses secara gratis, tetapi memberikan banyak manfaat bagi setiap strategi pemasaran online. Namun, apa itu GMB? Bagaimana cara menggunakannya? Mari simak penjelasan mengenai cara menggunakan GMB.

Apa Itu Google My Business?

Google My Business adalah alat bantu yang bertujuan untuk membantu bisnis lokal mencapai visibilitas yang lebih tinggi di penelusuran Google. Dengan mengoptimalkan daftar dan halaman, GMB dapat membantu bisnis Anda untuk lebih menonjol dibandingkan pesaing yang berada di area tersebut.

Semakin banyak ruang yang Anda tempati di internet, terutama di penelusuran Google, dapat meningkatkan peluang pelanggan untuk dapat melihat dan terlibat dengan bisnis Anda.

Diluncurkan pada Juni 2014, GMB adalah sahabat bisnis lokal mana pun di internet. GMB adalah antarmuka gabungan yang dirancang untuk memudahkan bisnis lokal serta merek nasional ditemukan di Google.

Ini adalah perubahan besar dari daftar sponsor dan daftar direktori di masa lalu di Google. Ini memungkinkan pemilik bisnis mendapatkan visibilitas yang mereka butuhkan di Google dengan cara mudah yang juga mudah dikelola.

Sekarang ini, sebagian besar pengguna internet memulai pencarian di Google, terutama saat menelusuri layanan bisnis lokal. Memanfaatkan GMB dapat membantu meningkatkan keberhasilan dalam melakukan pemasaran online dan meningkatkan return of investment (ROI).

GMB memberikan Anda kemampuan untuk dapat mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dan hasil penelusuran Google. Anda dapat menampilkan informasi penting tentang bisnis Anda, termasuk jam buka atau tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web bisnis.

Baru-baru ini Google juga merilis fitur baru yang memungkinkan Anda untuk mem-posting link ke artikel atau event mendatang.

Jika bisnis Anda adalah bisnis online dan tidak memiliki toko fisik, Anda harus tetap mempertimbangkan untuk memiliki profil di GMB. Menggunakan GMB adalah salah satu strategi pemasaran online yang penting sehingga dapat meningkatkan trafik bagi situs bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Google My Business

Berkat perkembangan teknologi yang masif, sekarang lebih cepat dan mudah untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Menurut Search Engine Watch, sekitar 50% orang yang menggunakan ponsel untuk pencarian berakhir mengunjungi sebuah situs bisnis.

Mengingat hampir semua orang menggunakan smartphone saat ini, bisakah Anda membayangkan potensi penjualan yang bisa didapatkan hanya melalui pencarian organik dan GMB?

Membuat, memverifikasi, dan mengoptimalkan akun GMB dengan benar adalah sebuah peluang yang tak ternilai. Itulah mengapa Anda harus memanfaatkan fitur ini secara maksimal. Apa lagi yang bisa diberikan GMB? Berikut adalah beberapa manfaat dari GMB.

A. Dapat membuat bisnis Anda muncul di Google Maps

Apakah Anda memperhatikan daftar nama bisnis yang muncul tepat di atas halaman pada saat mencari sebuah tempat di Google? Itulah yang disebut local pack, dan ada dua alasan mengapa Anda harus memperhatikannya.

Local pack menempati lokasi yang sangat strategis di halaman pertama hasil penelusuran Google, dan ini adalah hal pertama yang dilihat pengguna Google setelah mereka mengetikkan sebuah kalimat.

Hal ini memungkinkan pengguna internet untuk bisa melihat informasi yang mereka butuhkan secara sekilas.

Local pack adalah sebuah Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) yang menampilkan tempat-tempat terkait dengan pencarian tersebut.

Selain itu, local pack juga mencakup sekumpulan informasi relevan lainnya yang mungkin ingin diakses oleh setiap calon pelanggan, seperti di mana letak lokasi bisnis, nomor kontak bisnis (jika calon pelanggan memiliki pertanyaan tambahan atau ingin membuat reservasi), jam buka toko, dan bahkan memberikan rating.

Ini adalah sebuah fitur yang bermanfaat untuk bisnis dan pelanggan.

Menurut situs Moz, GMB adalah salah satu faktor penentu terbesar dari peringkat locak pack. Jadi, jika Anda bertujuan untuk terhubung dengan calon pelanggan, Anda perlu mengoptimalkan informasi bisnis online melalui GMB.

B. Pengguna dapat memberikan review untuk bisnis dan layanan Anda

Seseorang tidak boleh meremehkan review dari pelanggan, terutama dalam peringkat pencarian di Google. Studi lain yang dilakukan oleh situs Moz menunjukkan bahwa review online dianggap membentuk 10% dari bagaimana mesin pencari memberikan peringkat di halaman pencarian.

Oleh karena itu, jika ingin terlihat di hasil pencarian, Anda perlu menggunakan GMB untuk memudahkan pelanggan sehingga mereka dapat meninggalkan umpan balik yang positif tentang bisnis Anda.

Banyak orang yang mengandalkan review terhadap suatu produk saat membuat keputusan untuk membelli.

Faktanya, sebanyak 93% pelanggan dipengaruhi oleh review online. Hal itu dapat terjadi karena sebuah teks kecil tersebut menjadi kesaksian dari konsumen yang bisa digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Karenanya, orang merasa bisnis tersebut lebih kredibel sehingga banyak yang percaya apa yang mereka katakan.

Banyak orang yang senang memeriksa terlebih dahulu review pelanggan sebelum memilih produk. Karena itu, mesin pencari menggunakannya untuk menentukan peringkat hasil pencarian. Jika Anda dapat memanfaatkan fitur GMB ini dengan benar, maka akan berdampak besar pada bisnis Anda.

Review positif itu penting. Review positif tidak hanya meningkatkan peringkat di halaman pencarian, tetapi juga berfungsi sebagai iklan gratis dan dapat diandalkan untuk produk atau layanan Anda.

Misalnya, pelanggan lebih percaya diri untuk membeli produk dengan banyak review positif dibandingkan dengan yang banyak kritik.

Orang-orang mempercayai review online sama seperti mereka mempercayai rekomendasi pribadi. Semakin banyak Anda mendapatkan review yang positif, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan penjualan.

Mendapatkan review positif itu penting, tetapi ingatlah bahwa sebuah bisnis terbaik pun pasti bisa mendapatkan review negatif. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya tangai masalah ini secara profesional. Jangan menerima kritik ini secara pribadi.

Sebaliknya, gunakan mereka untuk bisa meningkatkan produk atau layanan Anda. Ulasan negatif, jika digunakan dengan benar, dapat memberikan informasi yang berguna untuk membantu kemajuan bisnis Anda.

C. Mendapatkan insight yang memberikan informasi bermanfaat

GMB adalah alat yang berguna bagi bisnis Anda. Alat ini tidak hanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, tetapi juga membantu Anda memahami pasar.

GMB hadir dengan fitur canggih yang dapat membantu Anda membuat strategi dan mengambil keputusan. Alat ini memungkinkan Anda untuk bisa mengakses statistik yang dapat membantu menentukan dari mana pelanggan Anda berasal.

GMB dapat menunjukkan jumlah viewer yang diperoleh dari profil bisnis, foto, dan posting-an Anda. Hal ini menjadi penting untuk menilai kembali keefektifan kampanye pemasaran Anda, apakah kampanye tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

GMB juga memberikan laporan tempat Anda dapat mempelajari dan memahami bagaimana konsumen menemukan bisnis Anda, sehingga menunjukkan bagaimana orang bisa mencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Mengetahui keyword apa yang relevan dengan visibilitas online Anda dapat membantu meningkatkan trafik secara signifikan.

GMB dapat menunjukkan bagaimana pelanggan dapat berinteraksi dengan posting-an Anda. Ini memungkinkan Anda untuk bisa melihat posting-an apa yang mereka bagikan serta jenis komentar apa yang mereka tinggalkan.

Selain itu, GMB memiliki bagian di mana Anda dapat menemukan ringkasan profil orang yang mengikuti Anda di internet. Anda dapat melihat kelompok usia, jenis kelamin, dan bahkan negara asal mereka.

Terakhir, GMB juga dapat menunjukkan jumlah klik pada link situs web Anda. Mengetahui statistik ini dapat membantu Anda membuat strategi yang tepat.

D. Gratis dan mudah digunakan

Alat bantu ini gratis dan mudah untuk digunakan, bahkan para pemula pun dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis mereka. Membuat dan memverifikasi profil Anda dapat dilakukan dalam waktu hitungan jam.

Setelah selesai, Anda siap meramaikan halaman pertama di penelusuran Google. Selain itu, alat ini memiliki fitur yang hebat untuk membantu Anda menganalisis performa situs sehingga Anda bisa menemukan cara untuk meningkatkan peringkat bisnis Anda.

GMB memudahkan para pemula dan bisnis lokal untuk dapat mempromosikan produk dan layanan mereka secara online sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan peluang untuk muncul di hasil pencarian.

GMB juga dapat membantu calon pelanggan untuk dengan cepat menemukan dan menghubungi Anda. Ini adalah alat yang gratis digunakan untuk meningkatkan kehadiran online Anda, terhubung dengan pelanggan, dan meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Cara Menggunakan Google My Business

Melihat banyak keuntungan yang didapat dari menggunakan GMB, kini saatnya bagi Anda untuk segera menggunakan alat ini. Berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai cara menggunakan GMB.

I. Mendaftarkan profil di Google My Business

Sebelum mulai menggunakan GMB, Anda perlu mendaftakan profil bisnis terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat profil GMB.

Langkah 1: Masuk ke GMB

Pertama, buka www.google.com/business untuk login. Anda dapat login dengan menggunakan akun Google yang sudah ada, atau bisa membuat yang baru. Jika Anda sudah login, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Tip: Pastikan Anda mendaftar dengan domain email bisnis Anda.

Langkah 2: Tambahkan bisnis Anda

Masukkan nama bisnis Anda. Jika tidak muncul di menu drop-down, klik tab ‘add your business to Google’. Kemudian pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda.

Langkah 3: Masukkan lokasi bisnis

Jika Anda memiliki lokasi fisik yang dapat dikunjungi pelanggan, pilih opsi ‘Yes’. Kemudian tambahkan alamat toko tersebut. Anda mungkin akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi di peta.

Jika tidak memiliki lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, tetapi menawarkan layanan pengiriman, Anda dapat mencantumkan area layanan yang sesuai.

Langkah 4: Isi informasi kontak Anda

Masukkan nomor telepon bisnis dan alamat situs web sehingga pelanggan dapat menghubungi Anda. Anda bisa menambahkan halaman platform lain seperti Facebook.

Langkah 5: Selesaikan dan kelola profil bisnis Anda

Centang ‘Yes’ jika Anda ingin menerima pembaruan dan pemberitahuan. Kemudian klik ‘Selesai’. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun.

II. Melakukan Verifikasi Profil Bisnis

Setelah membuat akun GMB, Anda perlu melakukan verifikasi bisnis tersebut. Untuk beberapa jenis bisnis, verifikasi Google memerlukan kartu pos surat.

Langkah 1: Masuk ke Google My Business www.google.com/business untuk masuk.

Langkah 2: Klik ‘verify now’. Jika Anda memiliki beberapa akun GMB, pastikan Anda memilih profil yang ingin diverifikasi dengan benar.

Langkah 3: Pilih cara untuk melakukan verifikasi.

Kartu pos surat adalah opsi verifikasi Google secara default. Jika bisnis Anda memenuhi syarat untuk menggunakan metode lain, seperti telepon atau email, pilih salah satu yang sesuai preferensi Anda.

Isi data–data yang diperlukan. Periksa kembali untuk memastikan Anda telah memasukkannya dengan benar, lalu submit form tersebut.

Mungkin perlu membutuhkan waktu beberapa minggu sampai profil bisnis Anda bisa muncul di Google. Sambil menunggu, unduh aplikasi GMB sembari mengelola akun Anda. Saat Anda menerima balasan, masuk dan klik ‘verify location’ dari menu. Masukkan kode lima digit dari kartu pos yang diterima.

III. Cara mengklaim bisnis Anda di Google

Anda ingin mengklaim profil bisnis Google yang sudah ada? Ada tiga opsi yang bisa dilakukan:

Opsi 1: Daftar atau login ke GMB. Telusuri nama bisnis Anda, lalu pilih profil tersebut. Kemudian ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemiliknya.

Opsi 2: Cari profil bisnis Anda di Google Maps, dan klik ‘manage this listing’.

Opsi 3: Cari list profil bisnis di penelusuran Google, kemudian klik ‘Own this business?’.

Jangan panik jika detailnya tidak akurat. Anda dapat mengedit setelah melakukan verifikasi profil bisnis GMB. Jika orang lain telah mengklaim bisnis tersebut terlebih dahulu, tetapi Anda bekerja untuk perusahaan yang sama, minta mereka untuk segera menambahkan Anda sebagai pengguna.

IV. Cara mengedit informasi bisnis di GMB

Ingin mengedit informasi yang ada di profil GMB milik Anda? Begini caranya:

– Masuk ke Google My Business.

– Buka profil yang ingin Anda edit.

– Di menu sebelah kiri, klik ‘info’.

– Klik ikon pensil untuk mengedit. Jika Anda ingin menghapus suatu bagian, klik ‘X’. Setelah selesai, klik ‘apply’.

V. Cara menambahkan beberapa lokasi yang berbeda di GMB

Jika bisnis Anda telah membuka lokasi baru atau baru saja membuat profil dan perlu menambahkan lokasi tambahan, ikuti langkah-langkah berikut.

– Dari dasbor GMB, klik ‘manage location’ di menu sebelah kiri.

– Klik tombol biru ‘add location’ di sebelah kanan.

– Ketik nama bisnis Anda lalu klik ‘create a new business with this name’.

– Isi informasi kemudian lakukan verifikasi.

Opsi lainnya adalah buka Google Maps, kemudian tandai lokasi yang ingin Anda tambahkan. Klik ‘add a missing place’ di menu sebelah kiri. Isi detailnya lalu pilih ‘claim this business’.

VI. Cara menandai bisnis atau lokasi yang sedang tutup sementara

Jika Anda perlu menutup bisnis atau toko secara musiman atau sementara, Anda perlu menandai toko sedang tutup sementara. Melakukan ini untuk memastikan pelanggan selalu up-to-date atas informasi seputar bisnis tanpa memengaruhi peringkat pencarian.

Cara untuk menandai bisnis Anda sedang tutup sementara adalah sebagai berikut:

– Masuk ke GMB.

– Klik ‘info’ di menu sebelah kiri.

– Cari bagian ‘close this business on Google’ di sebelah kanan.

– Klik ‘mark as temporary closed’.

– Untuk menyetel jam khusus di hari libur atau pada saat momen tertentu, klik ‘info’ di menu sebelah kiri, lalu pilih ‘special hours’.

Setiap perusahaan yang ingin mengembangkan jangkauan, visibilitas, dan penghasilan bisnisnya harus menggunakan GMB.

Sebagai alat yang gratis namun sederhana untuk digunakan, GMB adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha dalam melakukan strategi pemasaran online mereka. {WE}