News  

Najwa Shihab Ungkap Tuntas Dalang Pembakaran Halte Sarinah di Narasi TV, Ini Para Pelakunya

Media nasional tengah dihebohkan oleh acara yang dibawa oleh Presenter kenamaan Indonesia, Najwa Shihab. Pada hari Rabu, 28 Oktober lalu, presenter yang akrab disapa ‘Mbak Nana’ ini memoderatori jalannya acara Narasi Newsroom.

Saat itu, Mbak Nana dan tim NarasiTV mengunggah video baru ke channel YouTube Narasi Newsroom secara serntak.

Video yang diunggah tersebut nyatanya cukup menarik dan menimbulkan perbincangan di kalangan masyarakat.

Bagaimana tidak? Video berdurasi 9.58 menit tersebut mengulas perihal siapa sebenarnya dalang dibalik pembakaran Halte Bus Sarinah kala demo penolakan Omnibuslaw yang terjadi beberapa pekan lalu.

“Dengan menggabungkan video yang kami kumpulkan dari sumber terbuka, Tim Buka Mata Narasi menyusun kembali secara rinci, menit demi menit pembakaran Halte TransJakarta Sarinah pada 8 Oktober 2020.”

“Hasil analisis kami menemukan bahwa para pelaku memang datang untuk membakar Halte TransJakarta dan memperburuk situasi aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja” dikutip PORTAL JEMBER dari kanal YouTube Narasi Newsroom.

Di dalam video investigasi tersebut, narator Narasi TV bercerita bagaimana proses inversitasi berlangsung.

“Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta,” ujar narator Narasi TV.

“Saat mahasiswa terlibat bentrokan dengan Polisi di perempatan Sarinah, para pelaku sibuk melakukan pengrusakan halte. Mereka lantas memanfaatkan momen itu untuk melakukan pengrusakan lebih masif dengan sengaja menyulut api di dalam halte,” kata narator Narasi TV.

Rupanya tim Narasi TV menemukan fakta bahwa dalang pembakaran halte Sarinah bukanlah dari kalangan mahasiswa.

“Hanya butuh waktu satu jam bagi para pelaku untuk menyulut api dan membuat bara di Jalan MH Thamrin.”

“Para pelaku bukan bagian dari mahasiswa atau buruh yang menjadi motor penggerak aksi demonstrasi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disetujui DPR dan Pemerintah dalam rapat paripurna pada 5 Oktober 2020,” ucap narator Narasi TV.

Video hasil invetigasi tim Narasi TV yang digawangi Najwa Shihab ini sontak ramai dibicarakan.

Najwa Shihab dan tim Narasi TV memang terkenal vokal menyuarakan segala sesuatu yang dinilai janggal di negeri ini. Salah satunya adalah perihal pembakaran halte Sarinah saat demo Omnibus Law. {jurnalpresisi}