Meninggal di Usia 90 Tahun, Ini Beberapa Fakta Tentang Aktor James Bond Sean Connery

Sean Connery meninggal dunia. Aktor yang terkenal karena perannya sebagai agen mata-mata James Bond itu meninggal dunia di usia 90 tahun.

Berikut beberapa fakta seputar bintang film berdarah Skotlandia itu, seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1) Aktor pertama yang membintangi James Bond

Connery adalah aktor pertama yang memerankan James Bond. Peran itu didapatkannya saat bermain di film Dr. No pada 1962.

Dia berakting sebagai agen mata-mata Inggris dengan kode 007 itu antara 1962 dan 1983.

2) Memerankan James Bond dalam tujuh film

Kelihaian Connery memerankan karakter mata-mata sekaligus pria yang punya karisma, membuatnya dipercaya membintangi tujuh serial James Bond.

Ketujuh film itu adalah Dr. No (1962); From Russia with Love (1963); Goldfinger (1964); Thunderball (1965); You Only Live Twice (1967); Diamonds Are Forever (1971), dan; Never Say Never Again (1983).

3) Dianugerahi gelar bangsawan Inggris

Aktor berdarah Skotlandia itu dianugerahi gelar bangsawan Inggris, 20 tahun lalu. Dia memperoleh kehormatan tersebut dari Kerajaan Inggris dalam Penghargaan Tahun Baru 2000 atas jasanya di bidang perfilman.

4) Meraih sejumlah penghargaan bergengsi

Sepanjang kariernya di dunia peran, Connery memenangkan banyak penghargaan selama beberapa dekade. Di antara anugerah bergengsi yang pernag diraihnya yaitu, satu Piala Oscar, tiga Golden Globes, dan dua penghargaan BAFTA.

Meski terkenal karena perannya sebagai 007, Connery justru menyabet Oscar bukan karena film-film James Bond yang dia menjadi pemeran utamanya. Dia mendapat piala itu pada 1988, sebagai “aktor pendukung terbaik” untuk perannya dalam The Untouchables. {inews}