Hamilton Raih Kemenangan Ke-93 di Imola, Mercedes Pecahkan Rekor Konstruktor

Lewis Hamilton memperpanjang rekor kemenangan terbanyak sekaligus mendekatkan dirinya dengan gelar juara dunia Formula One (F1) ketujuh. Setelah memecahkan rekor Michael Schumacher di Portugal, kini Hamilton kembali menduduki podium utama di Grand Prix Emilia Romagna 2020.

Memulai balapan dari baris start kedua di Sirkuit Autodromo Enzo E Dino Ferrari, Imola, Italia, Minggu (1/11), Hamilton mendapatkan kendali balapan di lap ke-21 ketika Bottas harus masuk ke pit stop untuk kali pertama. Setelah itu, Hamilton memimpin dan menjadi juara dengan selisih waktu 5,783 detik.

Sementara itu, Bottas yang sebenarnya memulai balapan dari start terdepan, sekali lagi harus mengakui keunggulan rekan setimnya itu. Ia mendapatkan posisi kedua setelah dua kali masuk pit dan membalap menggunakan ban jenis lembut.

Adapun pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang selalu menjadi pendamping duo Mercedes di tiga besar, tak bisa menyelesaikan balapan. Pengemudi asal Belanda itu keluar dari balapan karena masalah ban di lap ke-51 dalam posisi runner-up di belakang Hamilton.

Kegagalan Verstappen dimanfaatkan oleh bekas pembalap Red Bull yang kini mengemudi untuk Renault, Daniel Ricciardo. Menggunakan ban jenis keras dan hanya sekali masuk pit, Ricciardo berselisih 14,320 detik di belakang Hamilton.

Di posisi keempat ada pembalap AlphaTauri, Daniil Kvyat, yang unggul atas wakil Ferrari, Charles Leclerc, di posisi keempat. Kvyat unggul 3,970 detik di belakang pembalap asal Monako itu.

Sementara itu, pembalap Ferrari juara dunia empat kali, Sebastian Vettel, hanya bisa berada di posisi ke-12. Pembalap asal Jerman itu berselisih 28,453 detik di belakang Hamilton.

Di sisi lain, keberhasilan Hamilton dan Bottas menempati posisi teratas di Imola memastikan bahwa tim mereka, Mercedes, menjadi juara dunia konstruktor musim 2020. Mercedes unggul atas Red Bull dengan selisih lebih dari 200 angka sementara Racing Point berada di posisi ketiga.

Kemenangan Mercedes menjadikan tim tersebut sebagai pemecah rekor dengan tim dengan gelar konstruktor terbanyak. Untuk rekor tersebut, Mercedes mencapai tujuh gelar juara dunia.

“Orang-orang yang menonton di rumah mungkin berpikir kami sudah terbiasa (menjadi juara konstruktor) tetapi menjadi bagian memecahkan rekor seperti ini (rasanya) luar biasa,” kata Hamilton tentang gelar konstruktor Mercedes. {akurat}