5 Nama Besar Di Sepakbola Ini Puji Kehebatan Lionel Messi

SEJAK awal kemunculannya, Lionel Messi memang berhasil menampilkan performa luar biasa sebagai pesepakbola profesional. Bahkan hingga kini, Messi disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Pujian tersebut nampaknya sangat layak diberikan kepada Messi, mengingat ia memang berhasil meraih banyak gelar dan menciptakan banyak rekor pribadi.

Keberhasilan Messi tersebut pun membuatnya acap kali dapat pujian dari nama-nama besar baik di dalam atau luar sepakbola. Setidaknya ada lima nama besar yang pernah melayangkan pujiannya kepada Messi. Berikut lima besar yang pernah melayangkan pujiannya kepada Messi:

5. Arsene Wenger (Mantan pelatih Arsenal/Prancis)

Wenger memang salah satu sosok pelatih yang sempat mencium bakat Messi kala La Pulga –julukan Messi– masih berusia remaja. Bahkan Wenger sempat memiliki niatan untuk mendatangkan Messi ke Arsenal.

Keinginan Wenger mendatangkan Messi memang didasari kekagumannya pada kemampuan sang pemain. Bahkan Wenger sendiri sempat melemparkan pujiannya kepada Messi sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa.

“Pemain terbaik yang pernah saya lihat. Anda selalu mengharapkan sesuatu yang istimewa, dan saya harus mengatakan dia tidak pernah mengecewakan Anda. Dia bukan atlet, dia seniman!” ucap Wenger.

4. Xavi Hernandez (Mantan pemain Barcelona/Spanyol)

Selaku mantan rekan setim di Barca, Xavi mengenal betul seperti apa kualitas yang dimiliki oleh seorang Messi. Terlebih pada saat menjalani kerja sama dengan Messi, Xavi berhasil membawa Barca meraih banyak gelar.

Dengan kondisi itu, nampaknya tidak terlalu berlebihan apabila Xavi menyebut Messi sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa. Dalam kesempatan yang sama, Xavi pun menilai pemain seperti Messi takkan muncul setiap saat.

“Messi tak terbendung. Dia memiliki bakat alami yang hanya diberikan kepada orang-orang terpilih. Saya cukup yakin bahwa tidak akan ada pemain sepertinya. Dia memiliki kemampuan sama baiknya dengan kedua kakinya, dan bahkan dengan kepalanya.”

3. Zlatan Ibrahimovic (Mantan pemain Barcelona/Swedia)

Dalam autobiografinya, Ibrahimovic memang mengakui kegagalan kariernya di Barcelona, lantaran pelatihnya saat itu, yakni Pep Guardiola, lebih menganakemaskan Messi. Kondisi tersebut memaksa Ibrahimovic bermain bukan di posisi aslinya, penyerang tengah.

Meski begitu bukan berarti Ibrahimovic membenci Messi. Bahkan pemain yang kini merumput di AC Milan tersebut mengutarakan rasa kekagumannya terhadap kemampuan mengesankan yang dimiliki oleh Messi.

“Messi tidak membutuhkan kaki kanannya. Dia hanya menggunakan kiri dan dia masih yang terbaik di dunia. Bayangkan jika dia juga menggunakan kaki kanannya, maka kita akan mendapat masalah serius,” ujar Ibrahimovic.

2. Roger Federer (Petenis/Swiss)

Pujian kepada Messi ternyata tidak hanya datang dari para atlet dan pelatih sepakbola saja. Atlet dari cabang olahraga lain pun berhasil dibuat terkesan dengan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh Messi.

Roger Federer menjadi salah satu atlet non-sepakbola yang memberikan pujiannya kepada Messi. Petenis berkebangsaan Swiss tersebut mengaku sangat menikmati setiap pertandingan yang dimainkan oleh Messi.

“Saya suka melihatnya bermain. Yang paling saya sukai mungkin adalah ketika dia mendapatkan bola dan mampu mengarahkan tubuhnya ke arah gawang. Kemudian dia akan mengoper, menggiring bola, atau menembak. Saya pikir Messi adalah pemain terbaik dalam sejarah sepakbola,” puji Federer.

1. Cristiano Ronaldo (Mantan pemain Real Madrid/Portugal)

Ronaldo adalah sosok yang dalam satu dekade terakhir selalu dibanding-bandingkan dengan Messi. Terlebih keduanya memang saling bersaing untuk bisa meraih banyak prestasi baik di level Timnas, klub, hingga individu.

Meski begitu tidak lantas membuat Ronaldo tak menaruh respek besar pada Messi sebagai sesama pesepakbola profesional. Bahkan, Ronaldo tak segan menyebut Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia selain dirinya.

“Saya tidak ragu bahwa Messi telah membuat saya menjadi pemain yang lebih baik dan sebaliknya. Saya memiliki hubungan profesional yang sangat baik dengannya karena kami telah berbagi momen yang sama selama 15 tahun,” puji Ronaldo. {okezone}