News  

Pesan Rutce Botsawer Untuk Jokowi: Terlalu Banyak Nyawa Asli Papua Hilang Cuma-Cuma

Perempuan asli Papua, Rutce Botsawer menuliskan surat kepada Presiden Jokowi, untuk menyampaikan isi hatinya soal masalah hak asasi manusia yang terjadi terhadap bangsanya.

Dalam suratnya, Rutce meminta Jokowi dapat menyelesaikan masalah pelanggaran HAM dan memberikan kebebasan berpendapat bagi rakyat Papua.

Rutce menjelaskan, pelanggaran HAM telah terjadi di Papua sejak 1969 dan belum mereda hingga hari ini. Menurutnya negara tidak pernah serius dalam menangani masalah itu.

“Saya sebagai anak asli Papua, di mana lahir dan besar hidup di tanah Papua, melihat bahwa negara tidak pernah serius dalam menangani masalah-masalah yang terjadi di bumi cenderawasih,” jelas Rutce dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).

“Ada begitu banyak masalah HAM yang terjadi di tanah Papua sejak 1969 sampai hari ini dan yang juga terjadi di kabupaten Nduga hari ini,” sambungnya.

Rutce mengungkapkan, banyak nyawa warga Papua yang berguguran secara percuma hanya karena proyek pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah RI.

“Sudah terlalu banyak nyawa asli Papua yang hilang secara cuma-cuma. Pembangunan yang bapak buat tidak bisa digantikan dengan nyawa orang asli Papua yang begitu berharga, entah sampai kapan seperti ini bapak Jokowi,” tuturnya.

Sebagai anak asli Papua, ia ingin negara bisa hadir menuntaskan segala masalah HAM yang terjadi di tanah Papua supaya tidak menjadi luka bagi generasi penerus.

Selain soal masalah HAM, Rutce juga menyinggung soal rasisme yang dirasakan orang-orang Papua terutama yang merantau ke daerah lain.

Masih ingat dibenaknya ketika kejadian dialami mahasiswa-mahasiswa Papua yang kuliah di Surabaya pada tahun lalu.

Selain mendapatkan pengepungan oleh aparat keamanan, mereka juga mendapatkan aksi rasisme bahkan disebut monyet.

“Saya meminta dengan segera kepada bapak presiden untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM yang terjadi di tanah Papua dan menjamin kebebasan berpendapat. Untuk kami warga asli Papua dengan UUD 1945 yang berlaku di negara ini.”

Rutce menjadi satu dari banyak warga Papua yang menuliskan surat untuk Jokowi melalui Pena-Pesan Perubahan yang dibuat oleh Amnesty International Indonesia.

Mereka mengungkapkan segala isi hatinya terkait kondisi Papua dan berharap bisa didengar oleh Jokowi.

“Menjadi momok yang begitu menakutkan bagi ka…

“Saya meminta dengan segera kepada bapak presiden untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM yang terjadi di tanah Papua dan menjamin kebebasan berpendapat. Untuk kami warga asli Papua dengan UUD 1945 yang berlaku di negara ini,”

Rutce menjadi satu dari banyak warga Papua yang menuliskan surat untuk Jokowi melalui Pesan-Pesan Perubahan yang dibuat oleh Amnesty International Indonesia.

Mereka mengungkapkan segala isi hatinya terkait kondisi Papua dan berharap bisa didengar oleh Jokowi. {suara}