News  

Habib Rizieq Shihab Iringi Pemakaman 5 Anggota Laskar FPI Yang Ditembak Mati Di Megamendung

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ikut mengiringi pemakaman lima anggota FPI yang tewas ditembak polisi di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Pemakaman yang berlangsung di Pondok Pesantren Argokultural Markaz Syariah FPI, Megamendung, Bogor, juga dihadiri oleh ratusan simpatisan Rizieq.

“Benar HRS ikut mengiringi pemakaman para syuhada,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin saat dihubungi Tempo, Rabu, 9 Desember 2020.

Dalam rekaman video yang beredar, Rizieq Shihab datang ke acara pemakaman dengan gamis dan sorban putih. Beberapa simpatisan terlihat ikut mengiringi Rizieq sambil memayunginya karena cuaca sedang hujan.

Sebelumnya, sebanyak enam pengawal Rizieq Shihab dilaporkan tewas dalam baku tembak yang terjadi di KM50 Tol Japek, Karawang, Senin dinihari.

Panglima Laskar Pembela Islam DPP FPI Ustad Maman menyatakan 5 dari 6 jenazah laskar FPI itu dimakamkan di Megamendung, kabupaten Bogor.

“Satu jenazah dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan sendiri,” kata Maman di Petamburan, Rabu dinihari, 9 Desember 2020.

Adapun jenazah yang akan dimakamkan oleh pihak keluarga bernama Muhammad Reza (20 tahun).

Sementara lima jenazah yang akan dimakamkan di kompleks Markaz Syariah Megamendung, yakni Andi Oktiawan (33), Faiz Ahmad Syukur (22), Ahmad Sofiyan alias Ambon (26), Muhammad Suci Khadavi (21) dan Lutfi Hakim (25).

Sebelum dimakamkan, enam jenazah laskar FPI itu dibawa ke Markaz Syariah Petamburan, usai diautopsi di RS Polri selama lebih kurang 30 jam. Di Petamburan, ke-6 jenazah itu dimandikan, dikafani, dan disolatkan kembali. {tempo}