Tulang Punggung Hancur Karena HNP, Deddy Corbuzier Masih Bisa Berdiri Ditopang Otot

Deddy Corbuzier mengungkap kondisi tulang punggungnya. Presenter berusia 43 tahun tersebut menceritakan itu melalui unggahan Instagram.

“Tulang punggung saya ternyata dari atas sampai bawah ancur rusak.. Krn kena HNP dan dulu pernah kecelakaan mobil… Selama ini saya tahan walau berdiri saja sakit sudah lebih dr 10 thn,” tulis Deddy Corbuzier sebagai caption salah satu unggahan Instagram.

Ia mengetahui kondisi tersebut setelah diajak dan diantar oleh mantan Kepala BIN Abdullah Mahmud Hendropriyono ke RSPAD Gatot Soebroto untuk menjalani MRI.

Lebih lanjut, Deddy Corbuzier berkisah bahwa dokter sampai terkejut karena dirinya masih bisa berdiri dengan kondisi tulang punggung seperti itu. Ternyata, selama ini ia masih bisa berdiri berkat otot punggung.

“Hasilnya… Dari semua lumbar… Yg masih normal tinggal satu.. Dokter di sana kaget.. Kok saya masih bisa berdiri… Dan ternyata selama ini saya bisa berdiri krn ditopang oleh otot punggung.. Bukan tulang… Tapi otot punggung… Kalau otot nya ga kuat.. Saya sudah ga bisa jalan lagi.. Scary.. But amazing,” tulisnya.

Melalui unggahan Instagram lainnya, Deddy Corbuzier memperlihatkan hasil pemeriksaan MRI. Ia juga menegaskan, dengan mengungkap kondisi ini, bukan berarti dirinya ingin dikasihani.

Deddy Corbuzier pun sekaligus mengingatkan pentingnya berolahraga. Sebab, manfaatnya telah terbukti pada dirinya.

“So postingan ini gw buat untuk semangat kita. Bukan tuk di kasihani dll.. Gini.. Saya masih bisa berdiri. Jalan… Lari.. Sudah bukan krn ditumpu tulang belakang..

Tapi sekali lagi krn otot back yang akhirnya menggantikan fungsi tulangnya. Kenapa bisa? Krn saya mulai workout 15 thn sudah… Dan saat ini gw bisa bilang.. Inilah saatnya benar benar terbukti berguna… If not… I’m not even able to walk,” tulisnya.

“Maybe one day when I’m older.. My muscle can’t handle it more.. Then a full surgery must be done.. Maybe.. But now.. Guys… Workout… Does save my life,” pungkas Deddy Corbuzier. {kumparan}